Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MEMBUAT TEKS REKON

MEMBUAT TEKS REKON


Teks rekon merupakan jenis teks yang berisi informasi atau laporan mengenai suatu kejadian atau peristiwa tertentu. Teks ini biasanya disusun dengan rapi dan sistematik, dimulai dari pengenalan masalah, kronologi kejadian, analisis, hingga kesimpulan.

Deskripsi dalam teks rekon bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas dan detail mengenai apa yang terjadi pada suatu peristiwa, sehingga pembaca dapat memahami secara komprehensif.

Teks rekon biasanya digunakan dalam jurnalistik, investigasi, atau dokumentasi kejadian penting. 

Deskripsi yang akurat dan informatif sangat penting dalam teks rekon untuk memberikan pemahaman yang baik kepada pembaca mengenai konteks dan relevansi peristiwa yang dibahas.

Berikut langkah-langkah untuk membuat teks rekon:

1. Pengenalan Masalah: Awali dengan pengenalan masalah atau kejadian yang akan direkonstruksi. Jelaskan latar belakang dan konteks penting mengenai peristiwa tersebut.

2. Kronologi Kejadian: Susun kronologi kejadian secara urut, mulai dari awal hingga akhir. Sertakan detail-detail penting seperti waktu, tempat, dan tokoh-tokoh yang terlibat.

3. Analisis: Berikan analisis terhadap kejadian tersebut, jelaskan faktor-faktor penyebab, konsekuensi, dan implikasi yang timbul dari peristiwa tersebut.

4. Kesimpulan: Akhiri teks dengan kesimpulan yang mengulang inti dari kejadian, pelajaran yang dapat dipetik, dan harapan ke depan.

Pastikan teks rekon yang Anda buat bersifat obyektif, akurat, dan informatif agar pembaca mendapatkan gambaran yang jelas mengenai peristiwa yang direkonstruksi.

TUGAS SISWA

1. BUATLAH SEBUAH TEKS REKON ( CERITA PENGALAMAN) DAN DITULISKAN PADA KOLOM KOMENTAR LINK INI).

53 komentar untuk "MEMBUAT TEKS REKON"

  1. Nurutul ilma
    Membuat teks rekon

    Rekonstruksi Pasca-Gempa di Kota Yogyakarta

    Pada 27 Mei 2006, gempa bumi mengguncang Kota Yogyakarta dengan kekuatan 6,3 skala Richter. Lebih dari 5.700 orang tewas dan ribuan lainnya terluka. Dampaknya meliputi kerusakan bangunan dan trauma psikologis.

    Pasca-gempa, pemerintah dan lembaga bantuan melakukan rekonstruksi. Langkah-langkah termasuk pembangunan kembali rumah, perbaikan infrastruktur, dan layanan psikologis untuk korban. Upaya ini melibatkan partisipasi masyarakat untuk memastikan pemulihan jangka panjang.

    BalasHapus
  2. Mutiara ramadhani
    Kelas x.3

    Judul: Evaluasi Dampak Pembangunan Jalan Tol Terhadap Lingkungan

    Abstrak:
    Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pembangunan jalan tol terhadap lingkungan sekitarnya. Metode yang digunakan meliputi survei lapangan, analisis data sekunder, dan wawancara dengan pemangku kepentingan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan jalan tol telah memberikan dampak signifikan terhadap ekosistem lokal, termasuk kerusakan habitat satwa liar dan peningkatan polusi udara akibat peningkatan lalu lintas. Selain itu, pembangunan ini juga memengaruhi kondisi sosial masyarakat setempat, seperti perubahan pola migrasi dan peningkatan nilai properti. Penelitian ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan pertimbangan lingkungan dalam perencanaan dan implementasi proyek infrastruktur besar.

    BalasHapus
  3. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

    (Orientasi)
    Sumpah Pemuda lahir dari Kongres Pemuda II yang berlangsung pada 28 Oktober 1928. Dari sejarah ini, lahir beberapa poin penting terkait persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia

    (Urutan kejadian)
    Sebenarnya, Sumpah Pemuda 1928 diawali oleh dua pertemuan pemuda-pemuda Indonesia. Pertama, ada Kongres Pemuda I yang diadakan pada 1926. Kemudian, diskusi berlanjut pada Kongres Pemuda II. Pertemuan kedua ini diadakan pada 27-28 Oktober 1928. Setelah mengadakan pertemuan, Ketua Kongres Pemuda II, Sugandi Djojopuspito menandatangani tulisan yang berisi poin-poin persatuan. Tulisan tersebut dibuat oleh Mohammad Yamin. Setelah itu, diikuti anggota kongres lain. Kini, Sumpah Pemuda diabadikan di Museum Sumpah Pemuda

    (Reorientasi) Berdasarkan data di atas, terlihat bahwa Sumpah Pemuda tidak muncul begitu saja. Semua poin di dalamnya bermula dari pertemuan pertama tahun 1926. Kemudian, disempurnakan lagi pada 1928 lewat Kongres Pemuda II.

    BalasHapus
  4. Nama : Astrid amanda
    Kelas : X.3

    Datang Terlambat ke Sekolah

    Rabu lalu, saya datang terlambat ke sekolah karena saya bermain playstation sampai jam 2.00 malam. Karena aku bangun terlambat.

    Saya bangun sekitar jam 6.30 pagi dan kelas akan dimulai pada jam 7.00 pagi. Aku berlari ke kamar mandi untuk mandi. Biasanya saya sarapan setelah mandi, namun pada hari itu saya tidak melakukannya.

    Aku selalu pergi ke sekolah dengan sepeda motorku. Namun pada hari itu, saya lupa di mana saya meletakkan kuncinya. Jadi, saya pergi ke sekolah dengan transportasi umum. Butuh waktu lebih lama bagi saya. Aku tiba di sekolah pada pukul 7.15 pagi, aku berlari menuju kelasku namun aku melihat guruku sudah berdiri di depan kelas untuk mengajar. Aku masuk ke dalam kelasku dan tentu saja guruku marah kepadaku karena aku datang terlambat.

    Itu adalah pengalaman buruk saya dan saya berharap saya tidak akan mengulanginya lagi.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Nama :Nur Azizah
    Kelas. :x.3
    "Liburan Tahun Baruku yang Tak Terlupakan"

    Liburan tahun baru lalu sangat berkesan bagi saya. Pada tanggal 31 Desember pagi, saya dan keluarga pergi ke Bogor untuk mengunjungi kerabat yang tinggal di sana. Kami menghabiskan sepanjang hari bersenang-senang dengan sepupu saya di rumah mereka.

    Pada malam hari, kami pergi ke karnaval di dekat Kebun Raya untuk merayakan Malam Tahun Baru. Karnaval berlangsung sangat ramai dan meriah. Ada banyak warung makan yang menjual makanan ringan, minuman, dan masakan lokal. Kami mencoba berbagai makanan sambil menunggu kembang api.

    Saat hampir tengah malam, kami berkumpul di sebuah lapangan terbuka bersama banyak pengunjung lainnya. Semua orang terlihat sangat bersemangat.

    Tepat tengah malam, indahnya kembang api dengan berbagai warna menghiasi langit selama kurang lebih 10 menit, diiringi teriakan ceria 'Selamat Tahun Baru!'. Itu adalah momen yang luar biasa.

    Setelah itu ayah mengantar kami melihat-lihat kota yang masih ramai meski sudah larut malam. Kami akhirnya sampai di rumah pada jam 2 pagi, merasa sangat bahagia dan puas dengan perayaan tahun baru kami kali ini. Itu adalah liburan yang tak terlupakan bagi saya dan keluarga saya!

    BalasHapus
  7. Nama: jihan nur islami
    Kelas: X.3


    Berpengalaman mengikuti suatu acara


    Tahun 2015 adalah pengalaman terbaik yang pernah aku dapat. Aku berpartisipasi dalam Konferensi Mahasiswa Asia-Afrika di Bandung. Aku tertarik dengan sejarah Konferensi Asia-Afrika dan bermimpi untuk menjadi bagian dari perhelatan tersebut. Aku menyiapkan beberapa contoh essay dan sejumlah ide untuk dipresentasikan pada acara tersebut. Partisipan yang lain juga membantuku dan memberi beberapa ide untuk diskusi komite kami. Aku memang tidak berbicara banyak, tetapi acara tersebut adalah pengalaman bagus untukku.

    BalasHapus
  8. Nama : Nurhidayah
    Kelas: X.3

    Rumah Nenekku

    Aku sudah tidak sabar untuk liburan ke kampung halaman tahun ini. Aku dan keluargaku berencana untuk pergi ke rumah nenek.

    Rumah Nenek sangat nyaman untuk ditinggali, karena memiliki pekarangan yang cukup luas, dan menghadap ke perbukitan nan hijau. Di pekarangan tersebut ditanami berbagai tumbuhan dan pohon buah- buahan, seperti: mangga, pisang, rambutan, manggis, nangka, dll. Sehingga kami kerap panen dan memakan buah-buahan segar.

    Selain itu, rumah nenek juga dilengkapi ruang keluarga yang nyaman. Terdapat sofa yang sangat lebar dan empuk. kami biasanya berebutan untuk duduk disana sambil menonton televisi. Sofa ini adalah spot favorit kami, karena selain lebar dan empuk, juga dilapisi bahan yang lembut di kulit.

    Rumah nenek sebenarnya cukup besar dan memiliki tiga buah kamar. Tetapi kami lebih suka tidur beramai-ramai di ruang keluarga, karena terasa lebih dekat dan akrab antar anggota keluarga.

    Rasanya sudah tidak sabar menyelesaikan ujian sekolah tahun ini dan segera pergi berkunjung ke rumah nenek.

    BalasHapus
  9. nama: dian Aziza salsabila
    kelas: x3
    Menuju Pantai Cermin

    Beberapa bulan yang lalu, saya pergi ke pantai Cermin bersama keluarga. Terletak di kabupaten Serdang Bedagai sekitar 53 km dari kota Medan, Sumatera Utara. Perjalanan kesana memakan waktu sekitar 1,5 jam. Kami berangkat dari Medan pukul 07.30 menggunakan mobil dan sampai sekitar pukul 09.00.

    Sesampainya disana, orang tuaku menyewa sebuah gubuk untuk beristirahat. Aku dan adikku segera berlari menuju pantai. Hari tampak cerah dengan langit biru dan angin sepoi-sepoi terasa. Ombak disana cocok untuk berenang, tapi sayang saya tidak bisa berenang. Saya hanya bermain pasir putih dan membangun istana pasir. Tak lupa saya berfoto selfie dengan latar belakang pantai yang indah.

    Pada siang hari, saya mulai merasa lapar. Saya mendekati gubuk sewaan. Rupanya ibuku sudah menyiapkan makanan untuk kami. Senang rasanya bisa berlibur bersama keluarga dan menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan.

    Tak terasa, hari sudah dimulai menjelang malam. Kami bergegas pulang. Sebelum pulang, saya membeli beberapa oleh-oleh di sana. Akhirnya kami sampai pada jam 18.00 karena perjalanan macet.

    BalasHapus
  10. NAMA:Fira Yuniar
    KELAS: X3

    Terlambat Datang ke Sekolah

    Pada hari Rabu yang lalu, saya terlambat datang ke sekolah karena saya bermain playstation hingga pukul 2.00 pagi. Karena saya bangun terlambat.

    Saya bangun sekitar pukul 6.30 pagi dan kelas akan dimulai pada pukul 7.00 pagi. Saya berlari ke kamar mandi untuk mandi. Biasanya saya sarapan setelah mandi, tapi pada hari itu saya tidak melakukannya.

    Saya selalu pergi ke sekolah dengan sepeda motor saya. Tapi pada hari itu, saya lupa di mana saya meletakkan kunci. Jadi, saya pergi ke sekolah dengan transportasi umum. Ini memakan waktu lebih lama. Saya tiba di sekolah pada pukul 7.15 pagi, saya berlari ke kelas saya tetapi saya melihat guru saya sudah berdiri di depan kelas untuk mengajar. Saya masuk ke kelas dan tentu saja guru saya marah pada saya karena saya terlambat datang.

    Itu adalah pengalaman buruk saya dan saya berharap saya tidak akan melakukannya lagi.

    BalasHapus
  11. Nama: Sahieza Septiana
    Kelas: X.3

    Kampung Halaman Kakek

    Dua minggu yang lalu, saya dan keluarga saya pergi ke kampung halaman kakek. Ini merupakan tradisi tahunan kami setiap kali liburan semester berakhir. Sayangnya, saat itu sedang musim hujan di sana. Curah hujan cukup tinggi dan hampir setiap hari turun. Karena kondisi ini, kami tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ingin kami kunjungi. Selain itu, sinar matahari pun tidak cukup untuk mengeringkan pakaian kami. Akibatnya, kami sebagian besar waktu hanya tinggal di dalam rumah. Namun, untuk mengatasi kebosanan tersebut, kami memutuskan untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan di dalam ruangan selama liburan. Pada hari itu, kami memilih untuk membuat video lucu dengan saya sebagai sutradaranya. Setelah selesai merekam, kami mengeditnya dan mengunggahnya ke YouTube

    BalasHapus
  12. Ir. H. Joko Widodo yang lahir di Surakarta, 21 Juni 1961 lebih dikenal dengan nama julukan Jokowi adalah pengusaha mebel dan Beliau merupakan Walikota Surakarta (Solo) selama dua kali masa bakti 2005-2015. Dalam masa jabatannya, ia diwakili F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil walikota.

    Ketika itu, dia dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Tahun 2012 ini, Beliau bersama dengan Ir. Basuki Tjahaja Purnama. M.M. (Ahok) maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta. (Orientasi) Gubernur baru DKI Jakarta Joko Widodo memiliki kisah masa kecil yang unik. Jokowi kecil sempat merasakan pahitnya kehidupan saat rumahnya tergusur.

    Masa kecil Jokowi diwarnai canda dan tawa, ngan sesekali diselingi tangisan. Rumah petak sekaligus tempat usaha kayu ayahnya di daerah Cinderejo Lor, digusur dan dijadikan pusat jasa travel. Sang bunda menuturkan bahwa Jokowi kecil adalah sosok pendiam, namun pandai bergaul. Banyak yang mengenal Jokowi sebagai orang yang selalu mengalah, untuk menghindari pertengkaran. Sikap tersebut diwarisi Jokowi dari kedua orangtuanya yang selalu mengajarkan makna ikhlas dan bertanggung jawab.

    Berbeda dengan anak-anak kebanyakan, Jokowi selalu berjalan kaki menuju sekolahnya, disaat yang lain memamerkan sepeda ontel terbaru. Menurut Jokowi kala itu, sekolah tidak terlalu jauh dari rumah, sehingga berjalan kaki pun tidak menjadi masalah. Bakti kepada orangtua ditunjukkan Jokowi tak hanya lewat sikap, namun juga sejumlah prestasi. Saat itu menjadi Walikota Solo hingga menjadi Gubernur DKI Jakarta, orang-orang yang mengenalnya tidak pernah menyangka perjalanan hidup Joko kecil. Sosok Jokowi sangat dicintai rakyatnya.

    Dukungan warga Solo tak pupus, termasuk saat Jokowi maju menjadi Gubernur DKI Jakarta. Anak tukang kayu itu pun, kini menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta. (Urutan Peristiwa 2) seorang Str... ahman e Jokowi kecil adalah anak seorang "tukang kayu". Setelah Beliau lulus dari SMA, kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Kehutanan Unuversitas Gajah Mada. Setelah lulus kuliah tahun 1985, dirinya merantau ke Aceh dan bekerja di salah satu BUMN. Kemudian ia kembali ke Solo dan bekerja di Perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan, CV. Roda Jati. Setelah merasa cukup, pada tahun 1998, dirinya berhenti bekerja di CV tersebut dan memulai berbisnis sendiri bermodal dari pengalaman yang pernah ia miliki.

    Dengan kerja keras, ketekunan dan keuletan, akhirnya Jokowi berhasil mengembangkan bisnisnya dan menjadi seorang eksportir mebel. (Urutan Peristiwa 3) Jokowi meraih gelar insinyur dari Fakultas Kehutanan UGM pada tahun 1985. Ketika mencalonkan diri sebagai walikota, banyak yang meragukan kemampuan pria yang berprofesi sebagai pedagang mebel rumah dan taman ini bahkan hingga saat ia terpilih.

    Pada tahun 2005, Pak Jokowi memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Walikota Solo dengan partai politik PDI Perjuangan sebagai kendaraan politiknya. Akhirnya Beliau pun terpilih meniadi Walikota Solo, Selama kepemimpinannya, Solo Solo banyak mengalami kemajuan. Setahun setelah ia memimpin, banyak gebrakan progresif dilakukan olehnya. Ia banyak mengambil contoh pengembangan kota-kota di Eropa yang sering ia kunjungi dalam rangka perjalanan bisnis

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Nama:putri
    Kelas:X.1

    Cerita Liburan di Pantai

    Mengisi waktu liburan panjang sekolah, aku bersama ayah ibu pergi liburan ke pantai di Anyer. Kami semua menginap di sebuah vila.

    Selama perjalanan menuju ke Anyer, aku banyak melihat pemandangan alam yang menyenangkan mata seperti pohon-pohon hijau hingga pesawahan. Setibanya di pantai kawasan Anyer, kami sekeluarga sangat senang karena bisa melepas lelah sambil menikmati keindahan pantai di sana yang cukup sejuk dan tidak terlalu ramai.

    BalasHapus
  17. Nama : keysia olivia
    Kelas : X.1

    PANTAI

    Pada hari minggu kami sekeluarga pergi berlibur ke pantai . Deru ombak menyambut kedatangan ku bersama keluargaku. Sungguh angin bertiup sepoi-sepoi pantai yang diselimuti tawa riang dari keluarga.

    Aku sudah sangat tidak sabar sekali untuk berenang di tepi pantai.aku pun segera bergegas menuju ke tepi pantai sedangkan ibu dan kakak sepupu ku sibuk mencari tempat untuk istirahat. Suasana riang gembira terasa sekali pada waktu itu.

    Setelah selesai bermain di pantai, kami berganti dengan makan siaang. Kami semua merasa berbahagia karena senang bisa berlibur ke pantai .Kami pun makan dengan sangat lahap sekali dan disertai hati yang sangat riang gembira. Hari beranjak sore, kami pun segera bersiap-siap untuk pulang kembali ke rumah.

    BalasHapus
  18. Nama:A.Dedeh Zahraeni Razak
    Kelas:10:1

    Liburanku Selama Pandemi COVID-19

    Sejak kasus pertama virus corona di Indonesia beberapa bulan terakhir, pemerintah dengan sigap memutuskan untuk membatasi interaksi sosial langsung dan menutup tempat-tempat umum termasuk sekolah dalam mendorong jaga jarak fisik.

    Akhirnya, liburan pun tiba. Sepertinya saya memiliki liburan yang panjang. Karena kelas sekolah semuanya online dari rumah, membuat liburan saya di rumah tidak begitu istimewa layaknya hari-hari saya di sekolah biasanya. Saya biasanya bangun agak siang pada hari libur. Kemudian saya mandi dan sarapan. Orang tua saya sibuk dengan pekerjaan mereka. Meskipun mereka sibuk orang tua ku tetap menyempatkan waktu nya untuk anak mereka.


    Saya tidak punya hal yang istimewa untuk dilakukan selain bermain bersama saudara saya, membersihkan rumah, dan membaca atau menonton YouTube. Terkadang saya menonton berita di TV. Ada banyak peristiwa negatif yang terjadi di sekitar kami, seperti orang-orang sekarat karena COVID-19, hari-hari semakin buruk karena perekonomian di keluarga ku mulai menurun ,Yang saya lihat hanyalah masa depan suram jika hal ini tidak segera berakhir. Jadi, saya selalu berharap setiap hari bahwa semua musibah ini akan segera berakhir.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Nama=Iin musfira
    Kelas=x.1

    Datang Terlambat ke Sekolah

    Senin lalu, aku datang terlambat ke sekolah karena bermain playstation sampai jam dua dini hari. Karena itu, aku bangun terlambat

    Aku terbangun sekitar pukul 6.45 pagi dan kelas akan dimulai pada pukul 7.00 pagi. Aku langsung berlari ke kamar mandi untuk mandi. Aku biasanya sarapan setelah mandi, tetapi pada hari itu aku tidak melakukannya. Aku selalu berangkat menggunakan sepeda motorku. Tapi pada hari aku telat, aku lupa menaruh kunci motorku di mana. Sehingga, aku pergi ke sekolah menggunakan transportasi umum. Ini membuat waktu tempuh menjadi lebih lama. Setelah itu, aku sampai di sekolah jam 7.30 pagi dan aku pun berlari ke kelas. Tetapi, aku melihat guruku sudah berdiri di depan kelas untuk mengajar. Aku memasuki kelas dan sudah tentu guruku marah karena aku datang terlambat. Itu merupakan pengalaman paling buruk dan aku harap aku tidak akan mengulanginya lagi.


    BalasHapus
  21. Nama Khaeril Aswad
    Kelas X2
    Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara di sini cukup dingin.

    BalasHapus
  22. Muhammad Reski X.2

    Datang Terlambat ke Sekolah

    Rabu lalu, saya datang terlambat ke sekolah karena saya bermain playstation sampai jam 2.00 malam. Karena aku bangun terlambat.

    Saya bangun sekitar jam 6.30 pagi dan kelas akan dimulai pada jam 7.00 pagi. Aku berlari ke kamar mandi untuk mandi. Biasanya saya sarapan setelah mandi, namun pada hari itu saya tidak melakukannya.

    Aku selalu pergi ke sekolah dengan sepeda motorku. Namun pada hari itu, saya lupa di mana saya meletakkan kuncinya. Jadi, saya pergi ke sekolah dengan transportasi umum. Butuh waktu lebih lama bagi saya. Aku tiba di sekolah pada pukul 7.15 pagi, aku berlari menuju kelasku namun aku melihat guruku sudah berdiri di depan kelas untuk mengajar. Aku masuk ke dalam kelasku dan tentu saja guruku marah kepadaku karena aku datang terlambat.

    BalasHapus
  23. Nur Azika (X.2)

    Lebaran

    Pada saat lebaran, setelah melaksanakan sholat idul adha aku, ayah, dan ibuku pergi kerumah nenekku. Disana para saudara jauh dan dekat datang semua kerumah nenekku. Itulah hal yang paling kusuka karna aku bisa bertemu dengan para sepupuku.

    Saat aku sampai kerumah nenekku mereka semua telah sampai dirumah nenekku, kendaraan-kendaraan berbaris didepan rumah nenekku.

    Aku disambut dengan senyuman, kami saling bersalaman dan mengucapkan kata-kata maaf.
    Kami berbincang dan makan bersama, dan melakukan kegiatan yang menyenangkan.

    BalasHapus
  24. Nama:Winda
    Kelas:X.2

    Naik Angkot untuk Pertama Kali Sendiri

    Pengalaman pertama saya naik angkot sendirian untuk pertama kalinya, ketika saya ingin menghadiri pengumuman dan rapat calon siswa baru SMP tempat saya mendaftar.Sebelumnya saya tidak pernah berani untuk bepergian sendiri, apalagi ketempat yang cukup jauh.


    Namun,pada saat itu saya mengumpulkan keberanian untuk naik angkot sendiri.Karena pada saat itu bapak saya tidak bisa mengantarkan saya, beliau sedang bekerja dan sebelumnya saya pun sudah membuat janji dengan tetangga saya.Akan tetapi,dia ternyata pergi lebih dulu bersama omnya naik motor.Sehingga saya pun kebingungan dan cemas harus bagaimana, setalah cukup lama mempertimbangkan saya memutuskan untuk jalan ke pertigaan dan menunggu angkot disana.Di angkot saya benar-benar takut karena ini kali pertama saya, sehingga saya tidak tau untuk memberhentikan angkotnya.Akhirnya saya berhasil sampai,karena ternyata di angkot tersebut ada orang yang memiliki tujuan yang sama dengan saya,tapi sayang sekali pengumuman dan rapat sudah selesai.Sayapun berupaya memberanikan diri bertanya pada orang yang menghadiri acara tersebut dan saya mendapatkan informasi tersebut.


    Sejak saat itu saya belajar untuk memberanikan diri untuk pergi sendirian.Sampai saat ini saya sudah berani pergi sendirian naik angkot.

    BalasHapus
  25. Nama IZZATUN VITA NAFZIAH
    Kelas X 6

    Pada suatu hari cerah di musim panas, saya memutuskan untuk mengunjungi kota kecil di pedesaan untuk melarikan diri dari kebisingan perkotaan. Di sana, saya menikmati ketenangan desa, bertemu dengan penduduk setempat yang ramah, dan menemukan kebun bunga yang indah. Saat senja tiba, saya kembali ke penginapan dengan perasaan yang segar, siap menghadapi apa pun yang akan datang.

    BalasHapus
  26. Nama ayu Anizah
    Kelas x.6

    Pada suatu hari cerah di musim panas, saya memutuskan untuk mengunjungi kota kecil di pedesaan untuk melarikan diri dari kebisingan perkotaan. Di sana, saya menikmati ketenangan desa, bertemu dengan penduduk setempat yang ramah, dan menemukan kebun bunga yang indah. Saat senja tiba, saya kembali ke penginapan dengan perasaan yang segar, siap menghadapi apa pun yang akan datang.

    BalasHapus
  27. Pada tahun 2020 pengalaman terbaik saya adalah saya pernah berpartisipasi di acara lomba marato di sekolah yah itu tarik tambang awal nya saya ragu takut tdk menang tapi saya menghilangkan pikiran seperti dan saya pun masuk di acara lomba tarik tambang tampah lagu dan akhirnya saya menang

    BalasHapus
  28. nur afiani hidayah
    x.6


    Pada suatu hari yang cerah saat liburan akhir tahun lalu, aku dan teman-teman memutuskan untuk menyambut tahun baru dengan cara yang beda. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang biasanya cuma di rumah atau berkunjung ke rumah nenek, kali ini kami memutuskan untuk pergi ke pantai dan bersenang senang

    BalasHapus
  29. Nama: Amalia Ramadani
    Kelas: X.6

    Saya merencanakan liburan singkat ke pantai untuk mencari ketenangan. Di sana, saya menikmati berjemur, dan berenang di laut. Malamnya diisi dengan makan malam di tepi pantai di bawah langit bintang. Liburannya membawa pulang kenangan indah dan perasaan kedamaian.

    BalasHapus
  30. Nama:maman
    Kelas:X.6
    Sekolah adalah tempat yang sangat berarti bagi saya. Di sana, saya belajar banyak hal tentang kehidupan dan mengembangkan banyak keterampilan yang akan berguna di masa depan. Dan suatu pengalaman berharga di sekolah adalah pada saat saya pertama kali masuk sekolah saya memiliki banyak teman baru

    BalasHapus
  31. Nama : A.NIKMAT NUR RIZQI
    kelas : X.6

    Akhir pekan lalu, saya dan teman memutuskan untuk pergi ke lembah biru & toko baju Kami hanya mengemas tas dan berangkat siang hari.Cuacanya sangat panas dan kami tidak sabar untuk menghabiskan hari di toko baju ,Sesampainya kami ditoko baju kami memilih-milih baju berjam-jam disana akhirnya kami menemukan pakaian yang diinginkan lalu membayar pakaianitu.dan memutuskan untuk lanjut ke lembah biru disana kami sangat senang dengan cuaca yang sejuk. Dengan berat hati, kami mengemasi barang-barang kami dan kembali ke rumah, lelah tapi sangat puas dengan petualangan mendadak kami di pantai. Itu adalah hari yang penuh dengan tawa, kegembiraan, dan kenangan indah, kami berjanji pada diri sendiri bahwa kami akan melakukannya lagi.

    BalasHapus
  32. Suasana yang Kacau di Pasar

    Bulan lalu, saya pergi ke pasar tradisional untuk menemani ibu saya membeli kebutuhan sehari-hari. Seperti biasanya, saya pergi bersama ibu saya dengan membawa daftar belanjanya.

    Sesampainya di pasar, saya mencari barang yang ibu perlukan satu per satu. Sambil menawar harga buah, saya melihat kerumunan orang yang sangat ramai dan melihat seorang pencuri dipukuli oleh banyak orang. Kejadian ini sangat mengerikan.

    Saya tidak ingin situasi ini semakin memburuk sehingga saya langsung menelepon polisi. Beberapa menit kemudian, polisi tiba dan menenangkan situasi. Saya bertanya kepada pedagang buah dan mengetahui bahwa pencuri mencoba mencuri dompet seseorang, tetapi orang lain melihatnya dan berteriak keras. Kemudian, banyak orang tiba-tiba menjadi kasar terhadap si pencuri.

    Itu adalah pengalaman yang menakutkan yang saya alami dan saya berharap tidak akan pernah terjadi lagi di masa depan.

    BalasHapus
  33. NAMA: IYAN
    KELAS: x.6
    Sekolah adalah tempat yang berarti bagi saya.di sekolah saya belajar tentang kehidupan dan menggambarkan keterampilan yang akan berguna di masa depan.

    BalasHapus
  34. Pengalaman Membeli Sepeda Motor

    Pada suatu hari , saya memutuskan untuk membeli sepeda motor baru. Saya telah merencanakan pembelian ini selama beberapa minggu karena kebutuhan akan transportasi yang lebih efisien di kota. Saya memilih dealer terdekat yang telah saya teliti sebelumnya melalui internet dan mendapat banyak ulasan positif.

    Ketika saya tiba di dealer, saya disambut oleh seorang sales yang ramah dan membantu saya menemukan sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran saya. Kami membahas berbagai pilihan dan fitur yang tersedia, serta melakukan tes drive untuk merasakan kenyamanan dan performa sepeda motor tersebut.

    Setelah memilih sepeda motor yang tepat, kami mulai proses pembelian. Sales tersebut menjelaskan dengan detail mengenai harga, garansi, dan prosedur administrasi lainnya. Setelah semua detail diselesaikan, saya menandatangani kontrak dan melakukan pembayaran.

    Pembelian sepeda motor ini tidak hanya tentang mendapatkan kendaraan baru, tetapi juga tentang pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan dalam berbelanja. Saya meninggalkan dealer dengan perasaan puas dan siap untuk memulai petualangan baru dengan sepeda motor saya yang baru.

    BalasHapus
  35. Nama: Ahmad fadlan topandawan kelas:10.6

    Membeli Sepeda Motor

    Pada suatu pagi yang cerah, saya memutuskan untuk membeli sepeda motor. Setelah melakukan riset dan membandingkan berbagai model, akhirnya saya menemukan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran saya. Saat melangkah masuk ke dealer, perasaan campur aduk antara gugup dan antusias melanda. Proses negosiasi harga dan pemilihan fitur pun berlangsung, didampingi oleh penjelasan dari sales yang ramah. Setelah menyelesaikan proses pembayaran, saya merasakan senang luar biasa saat pertama kali mengendarai sepeda motor tersebut pulang ke rumah. Pembelian sepeda motor bukan hanya sekadar transaksi, tapi juga merupakan awal petualangan baru yang penuh dengan kebebasan.

    BalasHapus
  36. Nama Bryan Hidayat
    Kls X.6
    Sekolah adalah tempat yang sangat berarti bagi saya,di sekolah saya banyak belajar sebuah pengalaman yang sangat berharga di masa depan nanti

    BalasHapus
  37. Hampir di keroyok 30 orang

    Hari pertama saya mpls di SMA 10 bulukumba dan pada hari itu juga datang polisi dan TNI untuk memilih anggota paskib untung mengibar di kec. Rilau ale, seleksi di mulai dan saya terpilih menjadi anggota paskib, ke esok harinya latihan di mulai dan berjalan dengan lancar ada suatu hari salah satu rekan saya berkelahi sampai berdarah. Senior paskib saya mencari anak paskib yang berkelahi dan salah nya senior saya di salah paham dan saya yang di tuduh berkelahi. Ada salah satu senior paskib yang rewa. dia cet saya lalu mengajak saya berkelahi otomatis saya emosi karna saya tdk mempunyai salah atau masalah dan saya iyakan ajakan dia untuk berkelahi. Malam pengukuhan pun berjalan untuk pengibaran bendera merah putih besok hari nya, upacara pengukuhan masih berjalan tetapi sudah banyak yang mencari saya untuk mengeroyok saya. karna berani mengiyakan ajakannya. Upacara selesai dan saya langsung membuka seragam paskib saya lalu menemui senior paskib yang mengajak saya berkelahi dan dia bersama spp nya ternyata spp nya senior paskib ini mengajak damai dan saya mengiyakan ajakan damainya.

    BalasHapus
  38. Restiana



    X. 6
    Pada hri itu saya dan teman saya pergi ke pantai merpati bersama teman saya namanya nica dipantai itu anginnya sangatlah kencang dn sangat nyaman bgi saya tempatnya sangat sejukkk enak dipandang terus abis itu saya memutuskan pergi di tempat lainnnnn membeli es kelapa karna cuaca sangatlah panas" .


    BalasHapus
  39. Nama :suci anggreani
    Kelas :106
    Naik motor bersama teman

    Pengalaman saya naik motor bersama
    Teman ,pada hari itu hari senin kami pun berangkat
    Kesekolah namun sudah terlambat,waktu
    Di jalan tiba tiba motor teman saya berhenti ternyata motor teman saya rusak dan kami kebingungan harus bagaiamana ,dan akhirnya
    Teman saya membawa motornya ke bengkel kebetulan dekat dari tempat kami berhenti.

    Saya sudah cemas karena sudah terlambat kesekolah akhirnya saya memutuskan untuk naik pete pete saja dari pada saya terlambt kesekolh untuk upacara dan akhiranya saya sampai pun kesekolah

    BalasHapus
  40. Nama: Nur natasya arisma
    Kelas :x.6
    Pada suatu pagi di bulan Mei, saya memutuskan untuk mendaki gunung. Udara segar dan aroma pepohonan menyegarkan suasana , bersama rombongan pendaki lainnya, kami mulai menanjak melalaui jalur terjal. Perjalanan tidak mudah, kami melewati rintangan seperti jalan bebatuan curam, dan sungai kecil yang deras. Namun semangat kami tetap berkobar-kobar. Selama perjalanan kami bertemu berbagai flora dan fauna pegunungan. Sampai di puncak pemandangan memukau dan kami bermalam di sana.
    Keesokan paginya, kami turun dengan kepuasan dan kenangan indah, pengalaman ini memberi kami pembelajaran tentang kebersamaan dan keindahan alam.

    BalasHapus
  41. Nama:Ulil Albab Istihar
    Kelas.X.6



    **Menelusuri Padang Pasir Terpanas**

    Pengalaman menjelajahi padang pasir terpanas di dunia menjadi sebuah petualangan yang tak terlupakan dalam hidup saya. Terletak di tengah gurun yang luas dan tandus, tantangan untuk menaklukkan panasnya pasir dan teriknya matahari adalah ujian nyata bagi kekuatan fisik dan mental seseorang.

    Perjalanan dimulai dari tepi gurun, dengan langkah-langkah yang hati-hati dan perbekalan yang tepat. Melangkah di atas pasir yang terbakar dan terik, setiap langkah terasa berat dan menguras tenaga. Tetapi keinginan untuk menjelajahi keindahan alam gurun dan memahami kehidupan yang bertahan di lingkungan yang keras menjadi motivasi yang tak tergoyahkan.

    Saat matahari mencapai titik puncaknya di langit, panasnya terasa hampir tak tertahankan. Suhu yang melampaui batas kenyamanan membuat kulit terasa terbakar dan tenggorokan terasa kering. Namun, dengan meminum air secara teratur dan mengambil istirahat yang cukup di tempat teduh, saya terus bergerak maju, menghadapi tantangan demi tantangan.

    Pemandangan di sekitar gurun sangat menakjubkan. Bukit pasir yang bergelombang, formasi batu-batu yang aneh, dan langit yang luas dengan awan putih yang mengambang menambah keajaiban alam yang ada di sekitar. Meskipun terpapar pada kondisi yang keras, keindahan gurun tersebut memberikan semangat dan energi tambahan untuk melanjutkan perjalanan.

    Saat malam tiba, suasana gurun berubah menjadi dingin dan suram. Tetapi malam di gurun juga memiliki pesonanya sendiri, dengan langit yang dipenuhi bintang-bintang dan gemerlap galaksi. Berkemah di bawah langit malam yang indah itu memberikan pengalaman yang magis dan menginspirasi.

    Akhirnya, setelah perjalanan yang panjang dan melelahkan, saya berhasil menyeberangi padang pasir terpanas itu. Meraih tujuan akhir menjadi momen yang penuh kebahagiaan dan kebanggaan. Pengalaman itu mengajarkan saya banyak hal tentang ketahanan, keberanian, dan kekaguman terhadap keajaiban alam yang ada di dunia ini.

    Dari perjalanan itu, saya membawa pulang kenangan yang tak terlupakan dan pelajaran berharga tentang kekuatan dan ketabahan manusia dalam menghadapi tantangan alam. Dan dari saat itu, saya menyadari bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita memiliki tekad yang kuat dan semangat yang tidak pernah padam untuk menjelajahi keindahan alam dunia ini.

    BalasHapus
  42. Pada Minggu pagi yang cerah,saya sekeluarga pergi jalan jalan ke pantai untuk menikmati libur,saya sangat senang diajak ke pantai.di sana pemandangan sangat indah ditambah angin yang sangat sejuk.saya bermain air dan juga bermain pasir bersama keluarga saya.hal itu membuat saya sangat senang karna bisa menikmati libur bersama keluarga.hari itu adalah pengalaman yang sangat ingin saya ulang kembali,karna itu adalah pengalaman yang paling indah.

    BalasHapus
  43. Nama:indra alam sari
    Kls:x.8
    Pada Minggu pagi yang cerah,saya sekeluarga pergi jalan jalan ke pantai untuk menikmati libur,saya sangat senang diajak ke pantai.di sana pemandangan sangat indah ditambah angin yang sangat sejuk.saya bermain air dan juga bermain pasir bersama keluarga saya.hal itu membuat saya sangat senang karna bisa menikmati libur bersama keluarga.hari itu adalah pengalaman yang sangat ingin saya ulang kembali,karna itu adalah pengalaman yang paling indah.

    BalasHapus
  44. Nama: alfatir Syam
    Kls :x.8
    Saat liburan semester tahun tiba ,saya berlibur ke rumah nenek bersama Ayah dan ibu . Saya kesana untuk menjenguk nenek serta melihat pemandangan yg ada di sana. di saat saya sampai saya sangat senang karena bisa banyak melihat pemandangan serta mendapatkan pengalaman yang seru

    BalasHapus
  45. Nama:Regena putri
    Kls:X.8
    Berlibur ke rumah om
    Saat libur hari raya idul Fitri saya berlibur ke rumah om.saya merasa senang karena di sana saya bertemu dengan keluarga besar saya.saya bermain dengan keluarga besa saya.mereka memberikan uang yang banyak karena saya telah puasa satu bulan penuh, saya dan keluarga piknik ke pangandaran.saat diperjalanan sangat macet.saat di tengah perjalanan saya dan keluarga beristirahat sejenak.saya makan di suatu rumah makan.

    BalasHapus
  46. Pada saat libur saya dan teman saya, pergi jalan jalan ke pantai untuk menikmati libur, saya sangat senang pergi ke pantai bersama teman-teman saya. di sana pemandangan sangat indah. dan senang bermain bersama teman-teman.

    BalasHapus
  47. Pengalaman Liburan ke Pantai

    Pada liburan sekolah kemarin, saya dan keluarga pergi berlibur ke pantai. Kami pergi ke Pantai panrangluhu, Bulukumba .Perjalanan dari rumah ke pantai memakan waktu sekitar 2 jam.

    Sesampainya di pantai, kami langsung berenang di laut. Airnya sangat jernih dan segar. Kami juga bermain pasir dan membangun istana pasir.

    Sore harinya, kami duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan.

    Kami sangat puas dengan liburan kami ke Pantai panrangluhu. Kami akan kembali lagi suatu hari nanti.

    BalasHapus
  48. Pengalaman Liburan ke Pantai mandala

    Pada liburan sekolah kemarin, saya dan taman saya pergi berlibur ke pantai. Kami pergi ke Pantai mandala , di Ara. Perjalanan dari rumah ke pantai memakan waktu sekitar 3 jam.

    Sesampainya di pantai, kami langsung berenang di laut. Airnya sangat jernih dan segar. Kami juga bermain pasir dan membangun istana pasir.

    Sore harinya, kami duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan.

    Kami sangat puas dengan liburan kami ke Pantai Anyer. Kami akan kembali lagi suatu hari nanti.

    BalasHapus
  49. Pada hari libur tiba. Saya dan keluarga saya pergi ke rumah nenek untuk berlibur. Hati saya sangat senang. Setelah sampai di rumah nenek saya bertemu banyak keluarga besar menunggu di sana. setelah lama berbicara akhirya aku di ajak om untuk pergi ke rumah makan yang enak. saya sangat senang waktu itu

    BalasHapus
  50. Nama:Astri Akbar
    Kls:X.8
    Pengalaman Mendaki Gunung

    Pada akhir pekan kemarin, saya dan teman-teman pergi mendaki gunung. Kami mendaki Gunung Gede, Sulawesi Selatan. Kami berangkat dari rumah pada pukul 06.00 pagi.

    Perjalanan ke puncak gunung memakan waktu sekitar 5 jam. Kami melewati medan yang cukup menantang, tetapi kami berhasil sampai ke puncak.

    Pemandangan dari puncak gunung sangat indah. Kami dapat melihat hamparan hutan yang hijau dan pegunungan yang menjulang tinggi. Kami juga menikmati udara yang sejuk dan segar.

    Setelah puas menikmati pemandangan dari puncak gunung, kami mulai turun. Kami tiba di basecamp pada pukul 17.00 sore.

    Kami sangat senang bisa mendaki Gunung Gede. Itu adalah pengalaman yang sangat berkesan.

    BalasHapus
  51. Nama: Nur Aisyah
    Kelas: X.9

    Judul: mengikuti lomba cipta baca puisi

    Largaska yang diadakan beberapa bulan yang lalu menjadi salah satu pengalaman terbaik yang pernah aku dapat.Aku ikut berpartisipasi dalam salah satu lomba yang diselenggarakan pada saat itu yaitu lomba cipta baca puisi.Aku tertarik menulis puisi,dan membaca puisi saat aku menonton salah satu puisi yang di bacakan oleh Peri sandi huizche,saat itu pula aku ingin ikut dalam lomba cipta baca puisi tersebut.

    Aku menyiapkan beberapa puisi yang aku tulis sendiri untuk aku bawakan pada lomba tersebut.Teman ku juga ikut membantu untuk memilihkan salah satu karya puisi ku yang sekiranya cocok untuk aku bawakan nantinya.

    Dalam lomba tersebut,aku mendapatkan juara yang cukup memuaskan.Dalam acara largaska ini lah,aku mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan

    BalasHapus
  52. NAMA: ANDI ADELIA PUTRI
    KELAS: X.9

    Liburan Tak Terlupakan di Pantai marina
    Liburan semester lalu, aku berkesempatan untuk mengunjungi Pantai marina bersama keluarga. Ini adalah kali pertama aku mengunjungi pantai yang terkenal dengan keindahannya ini.

    Setibanya di Pantai marina, aku langsung terpana dengan pemandangannya yang luar biasa. Pasir putih yang halus terbentang luas, dihiasi dengan pohon-pohon kelapa yang melambai-lambai. Air laut berwarna biru jernih berkilauan terkena sinar matahari. Ombak yang besar dan bergulung-gulung membuatku ingin segera berenang.

    Kami menghabiskan waktu seharian di pantai. Aku bermain pasir, berenang di laut, dan mencoba beberapa olahraga air seperti banana boat. Aku juga menikmati indahnya matahari terbenam di pantai marina.

    Keindahan alam Pantai marina dan keramahan penduduk setempat membuatku merasa betah dan nyaman. Aku juga senang bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan menciptakan kenangan indah bersama mereka.

    Liburan di Pantai marina menjadi salah satu pengalaman tak terlupakan dalam hidupku. Aku berharap bisa kembali lagi ke sana suatu hari nanti

    BalasHapus