Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MODUL AJAR MERDEKA BELAJAR SASTRA PUISI KELAS X SEMSTER 1

Modul Kurikulum Merdeka belajar materi sastra puisi kelas X Semester 1

gambar MODUL AJAR MERDEKA BELAJAR SASTRA PUISI KELAS X SEMSTER 1

Kurikulum merujuk pada rencana dan struktur pembelajaran yang dirancang dan diimplementasikan dalam sistem pendidikan. Ini mencakup pengaturan bahan, kegiatan, metode, dan penilaian yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Kurikulum menentukan apa yang harus dipelajari oleh siswa, bagaimana itu akan diajarkan, dan bagaimana kemajuan mereka akan dinilai.

Kurikulum memiliki beberapa komponen, termasuk mata pelajaran, tujuan pembelajaran, konten pembelajaran, strategi pengajaran, penilaian, dan pemilihan sumber daya pembelajaran.

Tujuan utama dari kurikulum adalah untuk membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan pribadi, akademik, dan profesional mereka.

Kurikulum dapat disesuaikan dengan kebutuhan lokal, nasional, dan global. Hal ini juga dapat berkembang seiring waktu untuk mencerminkan perkembangan dalam pengetahuan dan tuntutan masyarakat.

Kurikulum yang baik harus mempertimbangkan keberagaman siswa, memenuhi standar pendidikan yang relevan, dan memberikan kesempatan untuk pengembangan holistik siswa.

kurikulum Merdeka Belajar adalah pendekatan baru dalam pembelajaran yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kurikulum ini bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada peserta didik dalam menentukan jalannya belajar sesuai dengan minat, bakat, dan potensi mereka.

Kurikulum Merdeka Belajar menjunjung tinggi prinsip pemberdayaan peserta didik sebagai subjek aktif dalam proses pembelajaran.

Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, peserta didik diberikan kebebasan untuk memilih materi pelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan potensi belajar peserta didik, memotivasi mereka, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan inspiratif.

Kurikulum Merdeka Belajar juga mendorong kolaborasi antarpeserta didik, memperkuat keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Selain itu, kurikulum ini juga menekankan pengembangan karakter peserta didik seperti kepemimpinan, tanggung jawab, inovasi, dan etika.

Dengan Kurikulum Merdeka Belajar, diharapkan peserta didik dapat menjadi pribadi yang mandiri, aktif, kreatif, dan memiliki keberanian dalam menghadapi tantangan masa depan.

Kurikulum ini mencerminkan semangat untuk menciptakan sistem pendidikan yang inklusif, berkeadilan, dan relevan dengan perkembangan zaman.

Pembelajaran sastra adalah proses di mana siswa diperkenalkan dan terlibat dalam pemahaman, pengapresiasian, dan analisis karya sastra. Sastra merujuk pada karya-karya yang ditulis dengan penggunaan bahasa yang kreatif dan estetis, seperti puisi, cerpen, novel, drama, dan lainnya.

Dalam pembelajaran sastra, siswa akan mempelajari berbagai aspek karya sastra, termasuk tema, plot, karakter, gaya penulisan, dan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang.

Mereka akan mengembangkan keterampilan membaca yang kritis dan analitis, serta kemampuan untuk menginterpretasikan dan mengekspresikan pemahaman mereka tentang karya sastra melalui penulisan atau diskusi.

Melalui pembelajaran sastra, siswa juga akan dapat memperluas wawasan mereka tentang budaya, sejarah, dan masyarakat di mana karya sastra itu berasal.

Mereka akan diajak untuk mempertimbangkan perspektif yang berbeda, mendalami pemikiran dan perasaan karakter, dan menghubungkan karya sastra dengan kehidupan nyata.

Pembelajaran sastra juga mempromosikan imajinasi, kreativitas, serta meningkatkan keterampilan berbahasa dan penulisan siswa.

Selain itu, melalui pemahaman dan pengapresiasian terhadap karya sastra, siswa dapat mengembangkan nilai-nilai humanistik, empati, dan penghargaan terhadap keberagaman.

Dalam proses pembelajaran sastra, guru memiliki peran penting sebagai fasilitator yang membantu siswa menyelami dan menghayati karya sastra.

Mereka dapat menggunakan berbagai metode dan pendekatan, seperti diskusi kelompok, analisis teks, perbandingan karya sastra, serta penggunaan media visual atau audio untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap sastra.

Pada artikel kali ini, kami akan menyajikan Modul pembelajaran kurikulum baru, yakni kurikulum merdeka dengan materi Sastra puisi.

Berikut ini adalah Link Modul Kurikulum Merdeka belajar dengan materi sastra puisi yang diajarkan pada jenjang sekolah menengah Atas kelas X semester 1.

Buka Link Modul Kurikulum Merdeka belajar dengan materi sastra puisi DI SINI.

Jangan lupa Untuk mengunjungi:
tiktok.com/@arul_panrita
Youtube KlikmiChannel.

27 komentar untuk "MODUL AJAR MERDEKA BELAJAR SASTRA PUISI KELAS X SEMSTER 1"

  1. Nama:M.Fadli
    Kelas:x7

    Pokok pikiran yang di bahas dari bacaan modul ajar mendeka belajar sastra puisi adalah:Kurikulum merujuk pada rencana dan struktur pembelajaran yang dirancang dan siswa akan mempelajari berbagai aspek karya sastra, termasuk tema, plot, karakter, gaya penulisan, dan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:M.Fadli
      Kelas:x7

      Pokok pikiran yang di bahas dari bacaan modul ajar mendeka belajar sastra puisi adalah:Kurikulum merujuk pada rencana dan struktur pembelajaran yang dirancang dan diimplementasikan dalam sistem pendidikan dan siswa akan mempelajari berbagai aspek karya sastra, termasuk tema, plot, karakter, gaya penulisan, dan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang.

      Hapus
  2. nama:azizah oktafiana
    kls:x.7
    (adapun pokok pikiran yang terdpat pada modul tersebut adalah membahas tentang adanya kurikulum baru yang diperkenalkan oleh kementrian pendidikan,yang membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan pribadi,)

    BalasHapus
  3. Nama:Muh Alif
    Kls:X7


    Pokok pikiran yang di bahas dari bacaan modul ajar merdeka belajar sastra puisi?
    Kurikulum merujuk pada rencana dan struktur pembelajaran yang dirancang dan siswa akan mempelajari berbagai aspek karya sastra, termasuk tema, plot, karakter, gaya penulisan, dan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. NAMA: MALIQA ARISKA
    KELAS: X.7

    Pembelajaran sastra adalah proses di mana siswa diperkenalkan dan terlibat dalam pemahaman, pengapresiasian, dan analisis karya sastra. Sastra merujuk pada karya-karya yang ditulis dengan penggunaan bahasa yang kreatif dan estetis, seperti puisi, cerpen, novel, drama, dan lainnya. Melalui pembelajaran sastra, siswa juga akan dapat memperluas wawasan mereka tentang budaya, sejarah, dan masyarakat di mana karya sastra itu berasal.

    BalasHapus
  5. Muh. Reza
    X. 7

    Menurut saya Pokok pikiran dari bacaan modal agar merdeka adalahTujuan utama dari kurikulum adalah untuk membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan pribadi, akademik, dan profesional merekaKurikulum dapat disesuaikan dengan kebutuhan lokal, nasional, dan globalkurikulum Merdeka Belajar adalah pendekatan baru proses di mana siswa diperkenalkan dan terlibat dalam pemahaman, pengapresiasian, dan analisis karya sastra.

    BalasHapus
  6. Nama :Aril
    Kelas :X.7

    Menurut saya Adalah Modul Ajar merdeka sastra belajar sastra
    Tujuan utama dari kurikulum adalah untuk membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan pribadi, akademik, dan profesional mereka.
    Kurikulum dapat disesuaikan dengan kebutuhan lokal, nasional, dan global.
    Kurikulum ini bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada peserta didik dalam menentukan jalannya belajar sesuai dengan minat, bakat, dan potensi mereka.
    Dalam pembelajaran sastra, siswa akan mempelajari berbagai aspek karya sastra, termasuk tema, plot, karakter, gaya penulisan, dan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang.
    Melalui pembelajaran sastra, siswa juga akan dapat memperluas wawasan mereka tentang budaya, sejarah, dan masyarakat di mana karya sastra itu berasal.

    BalasHapus
  7. Nama: Nur Azizah
    Kelas: X.7

    Menurut saya, pokok pikirannya adalah kurikulum merdeka belajar ini merupakan sebuah pendekatan baru dalam pembelajaran. Di mana materi sastra ini siswa akan mempelajari berbagai aspek karya sastra yang dapat mengembangkan keterampilan membaca mereka.

    BalasHapus
  8. Nama: Nuralia zahra
    Kelas: X.7

    Menurut saya pokok pikiran yang terdapat pada teks diatas adalah kurikulum merdeka belajar dan pembelajaran sastra yang mempelajari berbagai aspek

    BalasHapus
  9. syahnas ainun syam8 Oktober 2023 pukul 21.08

    Menurut saya, kurikulum merdeka
    Membahas tentang pendekatan baru dalam pembelajaran yang di perkenalkan oleh kementerian dan kebudayaan,adapun tujuan kurikulum adalah untuk memberikan keleluasaan kepada peserta didik dalam menentukan jalan belajar sesuai dengan minat riset,dan potensi mereka.

    BalasHapus
  10. Nama: Nesti Syam
    Kelas:X.7

    Menurut saya sastra itu memberikan keleluasaan kepada peserta didik dalam mempelajari sastra siswa akan mempelajari berbagai aspek karya sastra, melalui pembelajaran sastra siswa juga akan dapat memperluas wawasan mereka tentang budaya dll.

    BalasHapus
  11. Ahmad vito alfatanah8 Oktober 2023 pukul 21.08

    Nama : ahmad vito alfa tanah
    Kls X. 7

    -pembelajaran Sastra
    Proses dimana siswa perkenalkan dan terlibat dalam pemahaman, pengapresiasian dan analisis karya Sastra, Sastra merujuk pada karya-karya yang di tulis degan pengunaaan bahasa yang kreatif dan estetis, seperti puisi, cerpen, novel, drama

    -kurikulum merdeka belajar
    Diharapkan peserta didik dapat menjadi pribadi yang mandiri, aktif, kreatif, dan memiliki keberanian dalam menghadapi masa depan

    -tujuan utama kurikulum

    Untuk membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan yang di perlukan untuk sukses dalam kehidupan pribadi, akademik dan profesional meraka

    BalasHapus
  12. Nama: Asrul
    Kls: X.7

    Hal yang di bahas dari bacaan modul ajar merdeka belajar sastra puisi adalah
    •Kurikulum merdeka belajar
    Adalah pendekatan baru dalam pembelajaran yang di perkenalkan oleh kementrian pendidikan,kebudayan,riset,dan teknologi republik indonesia.
    Kurikulum ini bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada peserta didik dalam menentukan jalannya belajar sesuai dengan minat,bakat,dan potensi mereka.
    •Pembelajaran sastra
    Adalah proses dimana siswa diperkenalkan dan terlibat dalam pemahaman,pengapresiasian,dan analisis karya sastra.
    Pembelajaran sastra juga mempromosikan imajinasi,kreativitas,serta meningkatkan ketersmpilan berbahasa dan penulisan siswa.

    BalasHapus
  13. Muh. Reza
    X. 7

    Menurut saya Pokok pikiran dari bacaan modal agar merdeka adalahTujuan utama dari kurikulum adalah untuk membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan pribadi, akademik, dan profesional merekaKurikulum dapat disesuaikan dengan kebutuhan lokal, nasional, dan globalkurikulum Merdeka Belajar adalah pendekatan baru proses di mana siswa diperkenalkan dan terlibat dalam pemahaman, pengapresiasian, dan analisis karya sast

    BalasHapus
  14. Pokok pikiran yang di bahas dari bacaan modul ajar merdeka belajar sastra puisi?
    Membahas tentang keluasan dalam menentukan Jalan belajarnya sesuai dengan minat dan mempertimbangkan keberagaman siswa

    BalasHapus
  15. Menurut saya kurikulum ini membahas tentang rencana dalam struktur pembelajaran.dan memiliki empat komponen,

    BalasHapus
  16. Menurut saya pokok pikiran yang di bahas dari bacaan modul ajar merdeka belajar sastra puisi adalah membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan kurikulum juga dapat di sesuaikan kebutuhan lokal , nasional dan global dan memberikan keleluasaan kepada peserta dan mendorong kolaborasi antar peserta didik , peserta didik dapat menjadi pribadi yang mandiri aktif dan kreatif

    BalasHapus
  17. Nama: Nur Nilam Sari
    Kls:X 7
    Tujuan utama dari kurikulum adalah untuk membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan pribadi akademik dan profesional merdeka.
    Kurikulum dapat di sesuaikan dengan kebutuhan lokal rasional dan global.

    BalasHapus
  18. Dari bacaan modul ajar merdeka belajar sastra puisi membahas tentang mata pelajaran,strategi pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan juga untuk membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan pribadi

    BalasHapus
  19. Nama: suci wardaniah
    Kelas; X.7

    Menurut saya kurikulum merujuk rencanan dan struktur pembelajaran yang di rancang dan diimplementasikan dalam sistem pendidikan.pembelajaran sastra juga merujuk pada semua materi atau karya karya

    BalasHapus
  20. Arsi mutiara
    Tujuan utama dari kurikulum adalah membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan

    BalasHapus
  21. Nama:Wahyu
    Kls:x.7
    Pembelajaran sastra adalah proses di mana siswa diperkenalkan dan terlibat dalam pemahaman, pengapresiasian, dan analisis karya sastra. Sastra merujuk pada karya-karya yang ditulis dengan penggunaan bahasa yang kreatif dan estetis, seperti puisi, cerpen, novel, drama, dan lainnya. Melalui pembelajaran sastra, siswa juga akan dapat memperluas wawasan mereka tentang budaya, sejarah, dan masyarakat di mana karya sastra itu berasal.

    BalasHapus
  22. Tujuan utama dari kurikulum adalah untuk membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan.

    BalasHapus
  23. Nama:Muh Alif Al QAUSAR
    Kelas:x(7)
    Tggl:9-10-23
    Menurut saya kurikulum merdeka merupakan Pembelajaran sastra adalah proses di mana siswa diperkenalkan dan terlibat dalam pemahaman, pengapresiasian, dan analisis karya sastra.
    Dan diajak untuk mempertimbangkan perspektif yang berbeda, mendalami pemikiran dan perasaan karakter, dan menghubungkan karya sastra dengan kehidupan nyata.dapat mengembangkan nilai nilai humanistik impati ,dan penghargaan terhadap keberagaman

    BalasHapus
  24. MUH ROYHAN
    KLS:X7
    Kurikulum ini bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada peserta didik dalam menentukan jalannya belajar sesuai dengan minat, bakat, dan potensi mereka.Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, peserta didik diberikan kebebasan untuk memilih materi pelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

    BalasHapus
  25. Nama: Faisal
    Kelas:X.7
    Tggl:09/10/2023
    Pembelajaran sastra adalah proses di mana siswa diperkenalkan dan terlibat dalam pemahaman, pengapresiasian, dan analisis karya sastra. Sastra merujuk pada karya-karya yang ditulis dengan penggunaan bahasa yang kreatif dan estetis, seperti puisi, cerpen, novel, drama, dan lainnya.
    Tujuan utama dari kurikulum adalah untuk membantu siswa mencapai pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan pribadi, akademik, dan profesional mereka.

    BalasHapus
  26. Nama: Nur faisyah
    Kls : X.7
    Tggl : 10/10/2023
    Kurikulum merdeka belajar adalah pendekatan baru dalam pembelajaran yang diperkenalkan oleh kementrian pendidikan, kebudayaan, riset, an teknologi republika Indonesia.

    BalasHapus