Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PANCASILA TERBAHAS DIRAMADHAN ANDALAN MENGAJI SMAN 10 BULUKUMBA

PANCASILA TERBAHAS DIRAMADHAN ANDALAN MENGAJI SMAN 10 BULUKUMBA

Salah satu acara kegiatan dalam Ramadhan Andalan Mengaji UPT SMAN 10 Bulukumba adalah Kultum atau kuliah tujuh menit. Kultum ini berupa ceramah agama dan dipadukan dengan materi wawasan kebangsaan serta wawasan keislaman.

Wawasan kebangsaan sendiri merupakan salah satu materi dalam kegiatan Ramadahan Andalan Mengaji yang megupas materi tentang dasar Negara yakni pancasila.

Kegiatan ini dilaksanakan pada kamis 13 April 2023 yang berpempat di Mushallah UPT SMAN 10 Bulukumba.

Menurut Ibu Rosnaeni,S.Pdi sebagai ketua pelaksnaan kegiatan Ramadhan Andalan Mengaji tahun ini di SMAN 10 Bulukumba menyampaikan bahwa, kegiatan kultum ini merupakan rangkaian kegiatan dari materi wawasan keislaman dan wawasan kebangsaan yang merupakan bagian materi inti ramadhan tahun ini.

Kegiatan Kultum yang dilaksanakan di mushalla,di hadiri oleh Bapak Kepala UPT SMAN 10 Bulukumba, oleh Drs.Ilham Syah,M.Pd dan Pengawas Sekolah oleh Ibu Hj.Rosmaya Umar,M.Pd serta sejumlah bapak dan ibu guru UPT SMAN 10 Bulukumba.dengan kondisi Mushallah full kapasitas oleh siswa dan siswi UPT SMAN 10 Bulukumba.

Saat dimintai keterangannya, Bapak Drs.Ilham Syah,M.Pd selaku Kepala UPT SMAN 10 Bulukumba menyampaikan bahwa, kegiatan ini tentunya rangkaian kegiatan ramadhan yang di selenggarakan di sekolah. Pada kesempatan kali ini kami menghadirkan penceramah dan pembawa materi dari luar yang tentunya kapasitasnya berada di bidang tersebut. Selain itu, ceramah dan materi yang disamopaikan sangat ringan dan mudah dicerna oleh siswa dan siswi serta wawasan pelajar akan hal kebangssaan dan keagaan semakin bertambah dengan perspektif yang disajikan.

Kegiatan ceramah dan wawasan kebangsaan ini di laksanakan setelah siswa dan guru Pembina melaksanakan shalat sunnah duha berjamaah

Saat dimintai keterangan, pembawa materi oleh Bapak Muhammad Agussalim,,S.Pdi., M.Pd dari Tim Struktur Pemprof Makassar di Makassar menyampaikan bahwa materi yang dibawakan adalah tentang wawasan kebangsaan dan keislaman yang mana intinya kami menyampaikan materi Pancasila itu tidak bertentangan dengan ajaran islam.karena mulai dari sila pertana sampai sila ke lima itu tidak ada yang bertentangan samasekali yang bias dibuktikan dengan dalil-dalil yang ada, seperti dalil al quran,,hadist dan juga nash para ulama.

Di tempat terpisah, saat dimintai wawancara oleh tim, Hj Rosmaya Umar,M.Pd selaku Pengawas UPT SMAN 10 Bulukumba juga menyampaikan pandangannya tentang kegiatan tersebut,beliau menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi materi tersebut.namun karena waktu yang singkat, maka kegiatan tersebut maka tampilannya hanya berupa sosialisasi, namun hal tersebut sudah sanagt baik untuk member pemahaman wawasan keislaman dan kebangsaan kepada peserta didik yang hadir.

Tambahnya lagi,kegiatan seperti ini harusnya bisa terus dilaksanakan diramu dengan bentuk diskusi, berdialog, agar materi ini dapat berkembang serta peserta lebih mudah menerima informasi dan terjalin sosialisasi yang baik.

Kegiatan Kuliah tujuh menit atau kultum ini mendapat respon yang baik dikalangan siswa.dimana para peserta atau siswa yang ikut dalam kegiatan tersebut mendapatkan pemahaman dan ilmu yang baru tentang wawasan keislaman dan wawasan kebangsaaan.


Posting Komentar untuk "PANCASILA TERBAHAS DIRAMADHAN ANDALAN MENGAJI SMAN 10 BULUKUMBA"