Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI AJAR KELAS X BAHASA INDONESIA SEMESTER 2 KRITIK TEKS 3 KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

MEMBACA DAN MEMAHAMI CONTOH KRITIK TEKS (ESAY)

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kritik teks adalah penyataan atau sangaan berupa pendapat dalam bentuk tulisan terhadap suatu hal.

Kritik teks sama halnya dengan kritikan yang berupa pemaparan bahasa tulis (kata-kata yang ditulis) dan mengkritiki suatu keadaan atau suatu hal dengan memberikan penyataan yang sifatnya membangun, dengan menyampaikan kekurangan dan kelebihan hal tersebut.

Berikut ini adalah satu contoh kritik teks yang berhubungan dengan Kebersihan sekolah, yakni tentang Keberadaan Kantin di dalam sekolah dan dampaknya terhadap kebersihan sekolah itu sendiri.
 

Contoh Kritik Teks Esay

Kantin Sekolah Sumber Sampah Sekolah

Di masa sekarang ini, Sampah merupakan masalah global, masalah yang tak pernah habis dibahasa dan dicarikan solusinya serta penanganannya. Baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun secara dunia.

Sampah tentulah merupakan sisa bahan pakai yang telah dipakai masusia dan sudah tak digunkaan atau dimanfaatkan lagi. Sampah merupakan limbah masyarakat manusia yang tak dapat digunakan kembali.
Setiap tempat atau wilayah komunitas masyarakat tentu juga tak lepas dari limbah sampat tersebut. Sampa ada dimana-mana.

Sekolah merupakan salah satu wilayah komunitas masyarakat pelajar dan pendidik pun juga kerap tak dapat menghindar dari keberadaan atau serbuan sampah.

Kebanyakan sampah yang berada di sekolah adalah sisa buangan masyarakat sekolah yang berupa bahan bekas kemasan makanan, miniman, alat atau perlengkapan sekolah maupun bahan limbah bangunan dan limbah  lainnya.

Salah satu sumber sampah yang ada di sekolah adalah kantin yang berada dalam wilayah sekolah. Kantin menjadi salah satu dan paling utama pemasok sampah yang ada di sekolah.

Tak dipungkiri, bahwa keberadaan kantin dalam sekolah juga membantu akan logistik dan jajanan siswa.

Namun bukan berarti kanti dapat seenaknya memnyuplai berbagai macam jenis jajanan yang memungkinkan untuk menjadi limbah atau sampah dalam lingkungan sekolah.

Tentulah sampa yang dimaksud adalah sisa kemasan makanan dan minuman baik plastik maupun non plastik yang dijual di kantin merupakan cikal bakal sampah sekolah.

Walaupun sekolah pada umumnya telah menyiapkan tempat sampah dan juga slogan-sloga larangan buang sampah sembarangan, namun jika keberadaan kantin yang tak menjalankan prinsip disiplin kebersihan, maka sampah di sekolah tetap dan selalu ada.

Salah satu sampah sekolah yang paling banyak ditemukan yakni sampah kemasan krupuk dan minuman yang berkemasan plastik, bahkan memiliki pipet yang juga sampah yang banyak berhamburan.

Siswa yang membei jajanan sekolah di kantin sekolah, lebih banyak membawanya kembali masuk ke dalam kelas ataupun ke taman kelas untuk mereka makan jajanannya itu.

Sisa kemasan dari jajanannya itu mereka kebanyakan menyimpannya di dalam laci meja atau bahkan di dalam kelas yang terlihat langsung.

Kesadaran siswa pada khususnya sebagai pelaku pembeli dan penebar sampah masih kurang memiliki kesadaran hisup sehat dan hisup bersih.

Sedangkan bagi kantin sekolah juga pada umumnya hanya memikirkan keuntungan dagangannya saja tampa juga harus memikirkan ribuan sampah yang dihasilkan dari kantinnya.

Ini semua merupakan cerminan bahwa buda kebersihan dan kesadaran disiplin hidup sehat masih sangat kurang dijalankan di sekolah-sekolah pada umumnya.

Sampah tidak akan pernah membawa keberuntungan dimanapun itu jika sampah tersebut tak ditempatkan pada tempatnya.

Sampah hanya akan membawa masalah besar, baik dari segi kesehatan, keindahan dan juga dari segi keberlanjutan hidup masyarakat sekitarnya.

Oleh karena itu, sudah seharusnya masalah sampah harus mendapat perhatian keras bagi masyarakat pelakunya.

Tetap bersama-sama memnjaga kebersihan khususnya masyarakat lingkungan sekolah. Kantin pun ada baiknya hanya menjual bahan makanan yang tidak menggunakan limbah plastik atau kemasan plastik.atau jika kita mau sedikit tegas, maka berlakukan tak ada kantin dalam sekolah.
 

Maka sampahpun akan sedikit akan tertangani.

Selain dari itu, sekolah juga harus bisa menjaling hubungan kerjasama dengan pihak dinas keberlihan dan lingkungan untk hal sampah sekolah.

Sebab jika hanya terus mengandalkan tempat sampat atau bank sampah atau tempat pembakaran sampah maka hal itu tak cukup efektif.

Sebab jikaitu terus dilakukan, maka sampah di sekolah akan tetap ada, dan kerjaan kita hanya tersus menjadi siklus yang tak mendatangkan kebaikan, justru hanya mendatangkan masalah lain saja.

Membakar sampah...besoknya membakar lagi, besoknya begitu lagi dan terus begitu. Ingat sampah tak akan habis jika tidak dicegah pada pangkal atau sumbernya yang ditutup.

Latihan 3

  • 1.    Bacalah Teks kritikan di atas secara seksama, lalu siswa diharapkan memberi komentar atau pandangan anda tentang sampah yang ada di dalam bacaaan. Jawaban anda tulis di kolom komentar ( link yang ada) dan buku latihannya.
  • 2.    Siswa menemukan dan menuliskan kembali bentuk kritik yang ada dalam teks bacaan tersebut diatas pada buku latihan.
  • 3.    Siswa menanggapi teks bacaan di atas dengan bahasa sendiri tentang setuju atau tidak setuju anda dengan isi bacaan di atas. Jawaban di tulis pada kolom komentar link yang ada.
  • 4.    Tuliskanlah Kelebihan dan kekurangan tentang keberadaan kantin dalam Kritik teks di atas.


144 komentar untuk "MATERI AJAR KELAS X BAHASA INDONESIA SEMESTER 2 KRITIK TEKS 3 KURIKULUM MERDEKA BELAJAR"

  1. Saran saya, warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan, sehingga bisa mengurangi penggunaan sampah plastik.

    BalasHapus
  2. Sampah merupakan sisa bahan pakai yang telah di pakai manusia dan sudah tidak di gunakan atau di manfaatkan lagi.

    BalasHapus
  3. Saran saya adalah siswa harus ada kesadaran agar sampah pelastik bagi lingkungan tidak beserakan dimana mana dan tidak tercemar dimana dimana

    BalasHapus
  4. Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau di buang, merupakan hasil aktivitas manusia maupun alam yang sudah tidak digunakan lagi. Karena setiap aktivitas manusia pasti menghasilkan buangan atau sampah.

    BalasHapus
  5. Saran saya, warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan, sehingga bisa mengurangi penggunaan sampah plastik.
    Sekian dari saya

    BalasHapus
  6. Nama:A.ita purnama Sari
    Kelas:X.6

    1.Menurut saya sampah adalah Salah satu masalah yang sangat penting untuk ditangani karena jika tidak segera ditangani akan menyebabkan pencemaran lingkungan terutama di sekolah dan akan menyebabkan siswa/siswi tidak fokus belajar.

    BalasHapus
  7. Nama:Fadil Diansyah
    Kelas:x4

    Menurut saya sampah tidak akan pernah membawa keberuntungan dimanapun itu jika sampah tersebut tak di tempatkan pada tempatnya.
    Sampah hanya akan membawa masalah besar baik dari segi kesehatan keindahan dan juga dari segi keberlanjutan

    BalasHapus
  8. Nama: Mardiani
    Kelas:X.4

    1).Sampah merupakan masalah global, masalah yang tak pernah habis dibahasa dan dicarikan solusinya serta penanganannya. Baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun secara dunia.Oleh karena itu, sudah seharusnya masalah sampah harus mendapat perhatian keras bagi masyarakat pelakunya.

    Saran saya, warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan, sehingga bisa mengurangi penggunaan sampah plastik.

    BalasHapus
  9. Nama : Sri Wahyuni
    Kelas : X.1
    Pandangan saya tentang sampah di lingkungan sekolah seperti pada pernyataan teks diatas adalah bahwa sampah memang selalu tidak ada habisnya, seperti di lingkungan sekolah,setiap harinya siswa di sekolah akan menghasilkan sampah hasil dari kemasan minuman/makanan yang dibelinya di kantin sekolah,jika ini terjadi terus menerus akan membuat lingkungan sekolah jadi tercemar dan berdampak terhadap kesehatan warga sekolah, solusi yang paling baik dari masalah ini, jagalah kebersihan lingkungan sekolah,kurangi belanja di kantin dan utamakan membawa makanan dari rumah, agar kesehatan dan kebersihan sekolah tetap terjaga.

    BalasHapus
  10. Nama:Zalsa Annisa
    Kelas:X.6

    Menurut saya, sampah tidak boleh dibiarkan begitu saja karena kalau sampah itu tidak dapat dicegah maka akan menyebabkan kerusakan lingkungan sekolah,dan dapat membuat siswa/siswi tidak nyaman belajar

    BalasHapus
  11. Nama:Muh hifdil
    Kelas:X.6

    Menurut saya, sampah tidak boleh dibiarkan begitu saja karena kalau sampah itu tidak dapat dicegah maka akan menyebabkan kerusakan lingkungan sekolah,dan dapat membuat siswa/siswi

    BalasHapus
  12. Nama:Mirna
    Kelas:X.3

    Sampah merupakan
    penyebabnya sumber penyakit,benacana alam, sangat berbahaya baik bagi alam maupun bagi manusia.
    sampah sekolah yang paling banyak di temukan yakni smapah kemasan krupuk dan minuman,yang berkemasan
    Saran: jangan membuang sampah sembarang karena dampak nya bukan hanya tertuju pada mu tapi juga pada orang lain,dan makhluk hidup lainnya.

    BalasHapus
  13. Mirna
    X.3
    Sampah merupakan penyebabnya sumber penyakit,benacana alam, sangat berbahaya baik bagi alam maupun bagi manusia.
    sampah sekolah yang paling banyak di temukan yakni smapah kemasan krupuk dan minuman,yang berkemasan
    : jangan membuang sampah sembarang karena dampak nya bukan hanya tertuju pada mu tapi juga pada orang lain,dan makhluk hidup lainnya.

    BalasHapus
  14. Kelas:x 6
    Nama: Ahmad adril
    Jawab:Di masa sekarang ini, Sampah merupakan masalah global, masalah yang tak pernah habis dibahasa dan dicarikan solusinya serta penanganannya. Baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun secara dunia

    BalasHapus
  15. Rezky Anggara putra5 Februari 2023 pukul 08.47

    Warga sekolah seharusnya tahu bahwa sampah plastik sangat buruk bagi lingkungan. Sampah plastik sangat sulit terurai di alam, bahkan butuh ratusan tahun lamanya

    BalasHapus
  16. Anugrah H.R
    X.4

    Sampah menurut saya adalah limbah hasil pakai manusia yang jika dibuanh disembarang tempat akan menyebabkan musibah bagi masyarakat.
    Dan samapai sekarang solusi msalah sampah masih dibicarakan solusinya.

    BalasHapus
  17. Ririn eka Safitri
    Kelas:X.6
    1.pendapat saya adalah kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan kita baik di sekolah,rumah,dll.karna kebersihan sebagian dari iman.jika kita tidak membersihkan sampah,maka lingkungan kita menjadi kotor,berbauh dan kumuh.

    BalasHapus
  18. Nama: Ummul Masyi'a
    Kelas : X4


    Di masa sekarang ini, sampah merupakan masalah global, masalah yang tak pernah habis dibahasa dan dicarikan solusinya serta penanganannya. Baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun secara dunia.

    BalasHapus
  19. Nama: AHMAD ADRIL
    Kelas:X 6
    Pandangan saya,sampah tidak akan habis jika tidak di cegah,kurang nya kesadaran kita bahwa membuang sampah sembarangan dapat membuat lingkungan tercemar,banyak masalah yang dapat di timbulkan dari sampah seperti sumber penyakit,banjir dan

    BalasHapus
  20. Nama: Isya Mahrani
    Kelas:X4

    Menurut saya sampah adalah masalah global yang tidak akan pernah habis dibahas. Kelebihan sampah memungkinkan terjadinya bencana banjir, jika sampah itu tidak ditindaklanjuti.

    BalasHapus
  21. Nurhaeda
    X4

    Sampah merupakan masalah global yang sulit di tangani,sampah juga sangat sulit teruraikan dan ada juga sampah yang tidak dapa di uraikan.Sampah juga dapat menyebabkan penyakit dan bencana alam seperti banjir.Maka dari itu buanglah sampah pada tempatnya.

    BalasHapus
  22. Nama: A.Reski
    Kelas: X4

    1. Selingkuh menurut saya adalah suatu perbuatan yang salah, karna selingkuh berarti pasangan yang tidak setia.
    2. Sudah jelas kalau yang dilakukan si A dan si B karna tidak setia terhadap pasangan.

    BalasHapus
  23. Nama: Astrid Revina Fani
    Kelas: X. 4

    Sampah dapat menyebabkan masalah lingkungan dan kesehatan, dan kita harus mengambil tindakan untuk mengurangi sampah di sekolah.

    Kita harus mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya mengurangi sampah dan mengajarkan mereka cara mengolah sampah dengan benar. Kita juga dapat mengajak siswa untuk menggunakan botol air atau makanan yang dapat digunakan ulang.

    BalasHapus
  24. Nama: Ahmad Fausang
    Kelas:X.4

    Menurut saya sampah tidak akan pernah membawa keberuntungan dimanapun itu jika sampah tersebut tak di tempatkan pada tempatnya.
    Sampah hanya akan membawa masalah besar baik dari segi kesehatan keindahan dan juga dari segi keberlanjutan.

    BalasHapus
  25. Swranag saya sampa itu pembuat penyakiy yg sangat cepat menyebar

    BalasHapus
  26. Nama: Nurmaulia
    Kelas: X2

    Jawaban:
    Yaitu kita harus memperhatikan lebih mendalam lagi mengenai tentang sampah di sekolah khususnya sampah yang di peroleh di kantin sekolah apalagi sampah yang di hasilkan oleh kantin sekolah berupa plastik yang masih susah untuk mengurainya kembali dan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengurangi sampah plastik, di sekolah ialah dengan membawa tempat botol air minum dari rumah, membawa bekal dari rumah, melakukan rutinitas Jumat bersih dan membuat bank plastik.

    BalasHapus
  27. Lutfia X.2

    Jadi kesimpulan atau pendapat saya,jangan Membuang sampah sembarangan akan mencemari lingkungan kita dan secara signifikan mengurangi penggunaan, kenikmatan, dan nilai tempat-tempat umum kita. Hal ini membuat lingkungan tampak kotor dan tidak terawat, dan membuat banyak orang jadi tidak nyaman.

    BalasHapus
  28. Nama: Nurul Izzah Maiasa Al Islami
    Kelas: 10.2

    Menurut saya, Sampah adalah masalah yang serius bila tidak di tangani dengan baik. Salah satu sumber sampah yang ada di sekolah adalah kantin yang berada dalam wilayah sekolah. Kantin menjadi salah satu dan paling utama pemasok sampah yang ada di sekolah.

    Adapun cara - cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi sampah yaitu dengan Membawa botol minum dari rumah, sehingga tidak perlu membeli minuman kemasan di sekolah dan membawa tempat makan atau bekal dari rumah.

    BalasHapus
  29. Nama : SAPRIADI
    Kls. : 10.2

    Jadi menurut saya Sampah merupakan masalah global, masalah yang tak pernah habis dibahasa dan dicarikan solusinya serta penanganannya. Baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun secara dunia. Maka dari itu ada baiknya kantin hanya menjual bahan makanan yang tidak menggunakan limbah plastik atau kemasan plastik. Supaya bisa mencegah sampah makin banyak

    BalasHapus
  30. Nama:RESA
    Kelas:

    Saran saya adalah siswa harus ada kesadaran agar sampah pelastik bagi lingkungan tidak beserakan dimana mana dan tidak tercemar dimana dimana dan sampah hanya akan membawa masalah besar bagi kita semua.

    BalasHapus
  31. Meysha
    Kelas:X.2
    Saran saya, warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan, sehingga bisa mengurangi penggunaan sampah plastik.

    BalasHapus
  32. Ramadani x2

    Saran saya sampah itu pembuat penyakit yang sangat cepat menyebar masalah besar baik dari segi kesehatan keindahan dan juga dari segi keberlanjutan.

    BalasHapus
  33. ASRIL:X2



    Sampah merupakan masalah global, masalah yang tak pernah habis dibahasa dan dicarikan solusinya serta penanganannya. Baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun secara dunia.Oleh karena itu, sudah seharusnya masalah sampah harus mendapat perhatian keras bagi masyarakat pelakunya.

    BalasHapus
  34. Saran saya adalah siswa harus ada kesadaran agar sampah pelastik bagi lingkungan tidak beserakan dimana mana dan tidak tercemar dimana dimana dan sampah hanya akan membawa masalah besar bagi kita semua.

    BalasHapus
  35. Nama: Windy
    Kelas: X.2

    Sampah merupakan masalah global yang dihadapi oleh semua orang. Kebanyakan sampah yang ada di sekolah berasal dari kantin sekolah. Oleh karena itu, penting bagi kantin sekolah untuk menjual makanan dan minuman yang tidak menggunakan kemasan plastik atau limbah plastik lainnya. Selain itu, sekolah juga harus bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menangani masalah sampah di sekolah. Dengan begitu, sampah di sekolah dapat dikurangi dan lingkungan sekolah akan lebih bersih dan sehat.

    BalasHapus
  36. Nama: Muh Ainal musriadi
    Kelas: X.7

    Saran saya adalah sebaiknya siswa harus menjaga lingkungan sekolah agar tidak membawa msalah besar,baik dari segi kesehatan,keindahan dan juga segi keberlanjutan hidup masyarakat sekitarnya.Dan seharusnya ada kesadaran agar sampah plastik tidak berserahkan di mana mana dan tercemar di mana mana.

    Balas

    BalasHapus
  37. Nama:Muh afdal
    Kls:x7
    6 Februari 2023 pukul 15.33
    Saran saya adalah siswa harus ada kesadaran agar sampah pelastik bagi lingkungan tidak beserakan dimana mana dan tidak tercemar dimana dimana dan sampah hanya akan membawa masalah besar bagi kita semua.

    BalasHapus
  38. Silfika X7

    Sampah merupakan masalah global, masalah yang tak pernah habis dibahasa dan dicarikan solusinya serta penanganannya. Baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun secara dunia.Oleh karena itu, sudah seharusnya masalah sampah harus mendapat perhatian keras bagi masyarakat pelakunya.

    BalasHapus
  39. Yulindia cahya tamsir6 Februari 2023 pukul 18.12

    Nama:Yulindia Cahya Tamsir
    Kelas:X.7
    Sampah merupakan masalah global yang dihadapi oleh semua orang. Kebanyakan sampah yang ada di sekolah berasal dari kantin sekolah. Oleh karena itu, penting bagi kantin sekolah untuk menjual makanan dan minuman yang tidak menggunakan kemasan plastik atau limbah plastik lainnya. Selain itu, sekolah juga harus bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menangani masalah sampah di sekolah. Dengan begitu, sampah di sekolah dapat dikurangi dan lingkungan sekolah akan lebih bersih dan sehat.Sampah merupakan masalah global yang dihadapi oleh semua orang. Kebanyakan sampah yang ada di sekolah berasal dari kantin sekolah. Oleh karena itu, penting bagi kantin sekolah untuk menjual makanan dan minuman yang tidak menggunakan kemasan plastik atau limbah plastik lainnya. Selain itu, sekolah juga harus bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menangani masalah sampah di sekolah. Dengan begitu, sampah di sekolah dapat dikurangi dan lingkungan sekolah akan lebih bersih dan sehat.

    BalasHapus
  40. Nama:muh ainal musriadi
    Kls:x.7


    Saran saya adalah sebaiknya siswa harus menjaga lingkungan sekolah agar tidak membawa msalah besar,baik dari segi kesehatan,keindahan dan juga segi keberlanjutan hidup masyarakat sekitarnya.Dan seharusnya ada kesadaran agar sampah plastik tidak berserahkan di mana mana dan tercemar di mana mana.

    BalasHapus
  41. Kelas:x 6
    Nama: Muh.hanif.firdaus
    Jawab:Di masa sekarang ini, Sampah merupakan masalah global, masalah yang tak pernah habis dibahasa dan dicarikan solusinya serta penanganannya. Baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun secara dunia

    BalasHapus
  42. Nama:Magfira
    Kelas:X.3
    Sampah merupakan masalah global yang dihadapi oleh semua orang. Kebanyakan sampah yang ada di sekolah berasal dari kantin sekolah. Oleh karena itu, penting bagi kantin sekolah untuk menjual makanan dan minuman yang tidak menggunakan kemasan plastik atau limbah plastik lainnya.Yang terpenting adalah kesadaran maka dari itu, kita harus sadar bahwa sampah itu merugikan bagi kita, orang lain, alam, dan lingkungan.

    BalasHapus
  43. Nama:Najwa nazihab
    Kelas:x.4

    Menurut saya sampah akan berdampak buruk jika tidak dicegah, sampah juga dapat menimbulkan banjir, pencemaran lingkungan, serta munculnya penyakit

    BalasHapus
  44. Nama:sinar
    Kelas:x 6

    Pandangan saya,sampah tidak akan habis jika tidak di cegah, kurangnya kesadaran kita bahwa membuang sampah sembarangan dapat membuat lingkungan tercemar,banyak masalah yang di timbul kan dari sampah seperti sumber penyakit,banjir,dan lain lain

    BalasHapus
  45. X.6
    Menurut pendapat saya, Sampah adalah sisa kemasan makanan dan minuman baik plastik maupun non plastik,Sampah jga dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan dapat menimbulkan penyakit.

    BalasHapus
  46. NAMA:MUH hifdil
    Kls:x6
    merupakan sisa bahan pakai yang telah di pakai manusia dan sudah tidak di gunakan atau di manfaatkan

    BalasHapus
  47. Nama: Pratiwi Lestari
    10.6
    Menurut saya,sampah tidak akan habis jika tidak dicegah, kurangnya kesadaran kita bahwa membuang sampah akan berdampak banjir

    BalasHapus
  48. Nama: afdal
    X.6
    Menurut saya,sampah tidak akan habis jika tidak dicegah, kurangnya kesadaran kita bahwa membuang sampah akan berdampak banjir

    BalasHapus
  49. Nama: Tenriani
    Kelas: X7
    Menurut saya sampah akan berdampak buruk jika tidak dicegah, sampah juga dapat menimbulkan banjir, pencemaran lingkungan, serta munculnya penyakit

    BalasHapus
  50. Sampah merupakan sisa bahan pakai yang telah di pakai manusia dan sudah tidak di gunakan atau di manfaatkan lagi. Sampah juga merupakan masalah yang sangat berdampak bagi bumi kita,maka dari itu harus ada kesadaran akan pentingnya mendaur ulang sampah2 tersebut agar tidak berdampak bagi lingkungan sekitar.

    BalasHapus
  51. Nama : NURSYAHIRA
    Kelas : X2

    Menurut saya sisa kemasan makanan dan minuman baik plastik maupun non plastik yang dijual di kantin merupakan cikal bakal sampah sekolah. Sampah hanya akan membawa masalah besar, baik dari segi kesehatan, keindahan dan juga dari segi keberlanjutan hidup masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu, sudah seharusnya masalah sampah harus mendapat perhatian keras bagi masyarakat pelakunya.

    BalasHapus
  52. Sampah sekolah memang sering menjadi masalah umum di sekolah.tetapi sampah juga bisa di jadikan keuntungan dengan di ubah jadi barang berguna seperti sisa makanan dapat di jadikan kompos untuk tanaman di sekolah dan plastik kemasan dapat di ubah jadi kerajinan daur ulang

    BalasHapus
  53. Nama: Rafika
    Kelas: X.7
    Sampah merupakan masalah global yang dihadapi oleh semua orang. Kebanyakan sampah yang ada di sekolah berasal dari kantin sekolah. Oleh karena itu, penting bagi kantin sekolah untuk menjual makanan dan minuman yang tidak menggunakan kemasan plastik atau limbah plastik lainnya

    BalasHapus
  54. Nama:rizky febrianto ramli
    Kelas:x.5
    Menurut pendapat saya sampah akan menimbulkan masalah yang merugikan masyarakat jika tdk di buang pada tempat nya, karena akan menimbulkan bencana seperti banjir

    BalasHapus

  55. Nama : Sri mauliani
    Kelas :10.6

    Saya setuju dengan bacaan diatas bahwa kantin merupakan sumber sampah di sekolah,apalagi jajanan yang pembungkusnya berbahan plastik itu semua dari kantin.Maka dari itu lebih baik kantin menjual makanan yg tidak berbahan pelastik seperti gorengan.Dan juga warga sekolah diharapkan untuk membawa makanan dari rumah agar dapat lebih menjaga lingkungan sekolah.

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Nama:Nafisatul Nisa
    Kelas:X.6


    Saya setuju dengan bacaan di atas bahwa kantin merupakan sumber sampah di sekolah apa lagi jajanan yang pembungkusnya berubahan pelastik, dan juga warga sekolah lebih baik membawa makan dari rumah karena itu lebih sehat dan dapat mengurangi sampah pelastik.

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Nama=putri nabila Cahya islami
    Kelas=X.5
    3.iya,saya setuju dengan bacaan di atas.karna kantin memang merupakan sumber masalah,baik dari segi kesehatan, keindahan, kedisiplinan dan kenyamanan

    BalasHapus
  60. NAMA:ASTI
    KELAS:X.5
    Ya, saya setuju dengan bacaan di atas, karena memang benar Sampah tidak akan pernah membawa keberuntungan dimanapun itu jika sampah tersebut tak ditempatkan pada tempatnya. Sampah juga hanya akan membawa masalah besar, baik dari segi kesehatan, keindahan dan juga dari segi keberlanjutan hidup masyarakat sekitarnya.

    BalasHapus
  61. Lutfia X2

    Saya setuju, karena memang kantin sumber sampah sekolah, dan teks diatas sangat sudah jelas agar setiap yang membaca teks tersebut dapat berfikir resiko membuang sampah bukan pada tempatnya, dan agar pembaca dapat menyadari dan dapat dengan mudah membersihkan sampah dimanapun itu apalagi tempat kita belajarr yaitu sekolah

    BalasHapus
  62. Ya,saya setuju dengan bacaan diatas,karena salah satu sumber sampah yang ada di sekolah adalah kantin yang berada dalam wilayah sekolah

    BalasHapus
  63. Menurut saya sampah merupakan masalah global, masalah yang tak pernah habis dibahas dan dicarikan solusinya serta penanganannya . Baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun secara dunia ,sudah seharusnya masalah sampah harus mendapat perhatian keras bagi masyarakat pelakunya
    Tetap bersama sama menjaga kebersihan khususnya masyarakat lingkungan sekolah,maka sampah pun akan sedikit akan tertangani dan tidak terjadi pencemaran lingkungan.

    BalasHapus
  64. Nama: PUTRI INAYAH NUR AZIZAH
    Kelas:X5
    Menurut saya sampah merupakan masalah global, masalah yang tak pernah habis dibahas dan dicarikan solusinya serta penanganannya . Baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun secara dunia ,sudah seharusnya masalah sampah harus mendapat perhatian keras bagi masyarakat pelakunya
    Tetap bersama sama menjaga kebersihan khususnya masyarakat lingkungan sekolah,maka sampah pun akan sedikit akan tertangani dan tidak terjadi pencemaran lingkungan.

    BalasHapus
  65. Nama : NABILA
    Kls. :X2

    Warga sekolah seharusnya tahu bahwa sampah plastik sangat buruk bagi lingkungan. Sampah plastik sangat sulit terurai di alam, bahkan butuh ratusan tahun lamanya.

    Saran : Saran saya, warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan, sehingga bisa mengurangi penggunaan sampah plastik.

    BalasHapus
  66. nama: Indah Kirana
    Kelas: X2

    1.kita sebagai siswa harus mengambil tindakan untuk mengurangi sampah di sekolah salah satunya yaitu sampah makanan, cara mengurangi banyaknya sampah yang berserakan di sekolah yaitu dengan membawa bekal dan tumbler air minum sendiri dari rumah dan mengurangi membeli makanan yang berkemasan


    2.Sampah merupakan masalah global, masalah yang tak pernah habis dibahasa dan dicarikan solusinya serta penanganannya. Baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun secara dunia.

    3.saya setuju dengan pernyataan di atas karena dengan bersama-sama memnjaga kebersihan khususnya masyarakat lingkungan sekolah. Kantin pun ada baiknya hanya menjual bahan makanan yang tidak menggunakan limbah plastik atau kemasan plastik.atau jika kita mau sedikit tegas, maka berlakukan tak ada kantin dalam sekolah.Maka sampahpun akan sedikit akan tertangani.

    4.kelebihan kantin selain tempat untuk membeli makanan dan sebagainya adalah dapat dijadikan sebagai wahana untuk mendidik siswa tentang kesehatan, kebersihan, kejujuran, saling menghargai, disiplin dan nilai-nilai lainnya.

    BalasHapus
  67. Nama: Nur ihksan
    Klas: X.2


    Sampah merupakan penyebabnya sumber bencana alam seperti banjir Kerusakan lingkungan hidup hewan
    Dan banyak manusia tidak sadar bahwa sampah sangat berbahaya baik bagi hewan maupun manusia dan lain-lain.
    Selain itu sampah juga dapat merusak lingkungan sekitar.

    Menurut saya jika kita tidak membuang sampah pada tempatnya maka akan mencemari lingkungan sekitar kita.

    BalasHapus
  68. NAMA:M IRFAN MAULANA
    KELAS:X.2
    Ya, saya setuju dengan bacaan di atas, karena memang benar Sampah tidak akan pernah membawa keberuntungan dimanapun itu jika sampah tersebut tak ditempatkan pada tempatnya. Sampah juga hanya akan membawa masalah besar, baik dari segi kesehatan, keindahan dan juga dari segi keberlanjutan hidup masyarakat sekitarnya

    BalasHapus
  69. Warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan, sehingga bisa mengurangi penggunaan sampah plastik

    BalasHapus
  70. Nama:dimas
    Kelas:X5
    3.saya setuju dengan pernyataan di atas karena dengan bersama-sama memnjaga kebersihan khususnya masyarakat lingkungan sekolah. Kantin pun ada baiknya hanya menjual bahan makanan yang tidak menggunakan limbah plastik atau kemasan plastik.atau jika kita mau sedikit tegas, maka berlakukan tak ada kantin dalam sekolah.Maka sampahpun akan sedikit akan tertangani

    Dan saran saya siswa cukup bawa bekal

    BalasHapus
  71. Mirdawati X.2

    Saya setuju dengan bacaan diatas, karena Salah satu sumber sampah yang ada di sekolah adalah kantin yang berada dalam wilayah sekolah. Oleh karena itu , sangat penting bagi kantin sekolah untuk menjual makanan dan minuman yang tidak menggunakan kemasan plastik. Dan juga,Warga sekolah seharusnya dapat menimbulkan KESADARAN bahwa sampah dapat menimbulkan pencemaran yang akan merusak lingkungan sekolah.

    BalasHapus
  72. Nama:Arifa ulfiah
    Kelas:X.6

    3. Saya setuju dengan bacaan diatas bahwa kantin merupakan sumber sampah disekolah,sampah akan menimbulkan masalah yang merugikan masyarakat jika tidak dibuang pada tempatnya. Maka dari itu lebih baik kantin menjual makanan yang tidak berbahan plastik seperti gorengan.Dan juga warga sekolah diharapkan untuk membawa makanan dan minuman dari rumah agar dapat lebih menjaga lingkungan sekolah.

    BalasHapus
  73. Nama : Aulia Nurazizah
    Kelas : X5

    Pendapat saya, Saya setuju dengan pernyataan teks diatas karena membuang sampah sembarangan akan mencemari lingkungan kita dan secara signifikan mengurangi penggunaan, kenikmatan, dan nilai tempat umum kita. Hal ini membuat lingkungan tampak kotor dan tidak terawat, serta membuat banyak orang jadi tidak nyaman. Masalah sampah tersebut dapat juga menimbulkan pencemaran yang akan merusak lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah yang rusak dapat menjadi sumber penularan penyakit, mengganggu estetika, serta menurunkan tingkat kenyamanan dan pada akhirnya mengganggu berjalannya proses belajar mengajar. Jika kita mengurangi sampah plastik dapat memberikan manfaat di antaranya adalah menjaga keseimbangan ekosistem, kehidupan lebih sehat, keberlangsungan hidup masa depan, dan menjaga bumi agar tetap terawat dan bersih. Maka dari sekarang mulailah menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan menjadi membuang sampah pada tempatnya. Perlunya kesadaran bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, nyaman dan sehat.

    BalasHapus
  74. AndirA nur amalia putri
    X.2

    Saya setuju dengan teks di atas, karena kantin merupakan sumber masalah apabila tak menjalankan prinsip disiplin kebersihan. sampah hanya akan membawa masalah besar, baik dari segi kesehatan, keindahan dan juga dari segi keberlanjutan hidup

    BalasHapus
  75. NAMA:ANDI ANDINI RAMADANI
    KELAS:X.5
    3.Ya. Saya setuju atas teks bacaan yang ada di atas,bahwasanya sampah yang dihasilkan oleh kita sendiri atau warga sekolah karena kurangnya kesadaran dalam diri kita sendiri dan peduli akan lingkungan yang menyebabkan,timbulnya pencemaran yang akan merusak lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah yang rusak dapat menjadi sumber menularnya penyakit yang merugikan diri kita sendiri dan orang lain,merusak ke estetikan pada pemandangan atau wilayah sekolah,serta menurunkan tingkat kenyamanan dan pada akhirnya menggannggu berjalannya proses belajar-mengajar.

    BalasHapus
  76. Nama:YUSRIL
    kelas:X.5

    Saya setuju dengan teks diatas karena teks diatas membuat kita sadar bahwa sampah tidak seharusnya ada pada lingkungan sekolah karena sampah yang bertumpuk dan berserakan dapat mencemari lingkungan sekitar sekolah sehingga membuat kita tidak nyaman saat belajar.Juga keberadaan kantin di dalam lingkungan sekolah dapat menjadi penyebab adanya sampah di daerah pekarangan sekolah.

    BalasHapus
  77. Menurut saya minuman/makanan yang dibelinya di kantin sekolah,jika ini terjadi terus menerus akan membuat lingkungan sekolah jadi tercemar dan berdampak terhadap kesehatan warga sekolah, solusi yang paling baik dari masalah ini, jagalah kebersihan lingkungan sekolah,kurangi belanja di kantin dan utamakan membawa makanan dari rumah, agar kesehatan dan kebersihan sekolah tetap terjaga.

    BalasHapus
  78. Nama:DIMAS ANDREAN
    kelas:X.6

    Saya setuju dengan teks diatas karena teks diatas membuat kita sadar bahwa sampah tidak seharusnya ada pada lingkungan sekolah karena sampah yang bertumpuk dan berserakan dapat mencemari lingkungan sekitar sekolah sehingga membuat kita tidak nyaman saat belajar.Juga keberadaan kantin di dalam lingkungan sekolah dapat menjadi penyebab adanya sampah di daerah pekarangan sekolah.

    BalasHapus
  79. Nama:A.ita purnama Sari
    Kelas:X.6

    3.Saya setuju, dengan isi bacaan pada teks di atas bahwa kesadaran siswa sebagai pelaku pembeli dan penebar sampai masih kurang, sedangkan kantin sekolah pada umumnya hanya memikirkan keuntungan dagangan nya saja tanpa memikirkan ribuan sampah yang dihasilkan dari kantinnya.

    BalasHapus
  80. 3.saya setuju dengan teks diatas
    Saran saya, warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan, sehingga bisa mengurangi penggunaan sampah plastik agar tidak menyebabkan pencemaran lingkungan seperti terjadinya banjir.

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. Aidil idham:X.2

    Sampai adalah sisa kemasan makanan dan minuman, salah satu sampah yang paling banyak di tentukan yakni sampah kemasan dan minuman. Oleh karena itu, kita harus sadar mulai sekarang menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan membawa tempat makanan dari rumah

    BalasHapus
  83. Ya,saya setuju dengan bacaan diatas,karena salah satu sumber sampah yang ada di sekolah adalah kantin yang berada dalam wilayah sekolah,sampah dapat membuat lingkungan tercemar oleh itulah kita harus mengurangi penggunaan sampah plastik agar lingkungan tidak tercemar.

    BalasHapus
  84. Nama : Nur hikmah
    Kelas : X. 5

    Saya setuju, memang kantin sumber sampah sekolah. Membuang sampah sembarangan dapat mencemari lingkungan kita oleh karena itu kita harus bersama-sama menjaga kebersihan khususnya masyarakat yang ada Di lingkungan sekolah.

    BalasHapus
  85. Nama : Mughny Al jenar
    Kelas : X.6
    Ya saya setuju,bahwa sumber sampah sekolah adalah kantin.warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan.

    BalasHapus
  86. Nama:sinar
    Kelas:x 6

    Ya, saya setuju.karena teks bacaan diatas sangatlah membantu karena itu teks diatas bisa membuka fikiran kita akan kebersihan lingkungan dan jangan membuang sampah di sembarangan tempat

    BalasHapus
  87. Nama: musdalifa
    Kls. :X.2

    Ya saya setuju,bahwa sumber sampah sekolah adalah kantin.warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan sekitar.

    BalasHapus
  88. Nama : Irfandi
    Kls : x.2

    Saya setuju dengan bacaan diatas, karena Salah satu sumber sampah yang ada di sekolah adalah kantin yang berada dalam wilayah sekolah. Oleh karena itu , sangat penting bagi kantin sekolah untuk menjual makanan dan minuman yang tidak menggunakan kemasan plastik

    BalasHapus
  89. Nama : nur alam
    KLS: x.2

    Saran saya, warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan, sehingga bisa mengurangi penggunaan sampah plastik.

    BalasHapus
  90. Dival ahmadani
    X.6
    Ya saya setuju, karena sumber sampah itu berasal dari kantin seharusnya kita mempunyai kesadaran bahwa membuang sampah itu dapat menyemari lingkungan dan membuat kita tidak nyaman dalam pelajaran

    BalasHapus
  91. Nama:Salsabila
    Kelas x6
    Menurut saya,siswa kemasan makanan dan minuman baik plastik maupun non plastik yang di jual di kantin merupakan cikal bakal sampah sekolah.sampah hanya akan membawa masalah besar,baik dari segi ke sehatan ke indahan dan juga dari segi ke berlanjutan hidup masyarakat sekitarnya.oleh karena itu.sudah seharusnya masalah sampah harus mendapatkan perhatian keras bagi masyarakat pelakunya

    BalasHapus
  92. Dian Pramitha X.2

    Saya setuju dengan pernyataan diatas tentang "Kantin sekolah sumber sampah sekolah". Karena memang kebanyakan sampah plastik berasal dari lingkungan sekolah. Yang mana, kebanyakan murid tidak menyadari bahwa pentingnya membuang kemasan jajanan mereka pada tempatnya sehingga membuat sampah berceceran dimana-mana.

    BalasHapus
  93. Nama: Fitrah Ardila Umma
    Kelas: X.2

    Saya setuju pada teks di atas,Sebab kantin merupakan sumber masalah, karna kebanyakan siswa tidak menjalankan kedisiplinan.

    BalasHapus
  94. Nama: Nurul salsabila Amirullah
    Kelas:X2
    Saya setuju tentang pertanyaan diatas tentang kantin sekolah sumber sampah sekolah karna sampah hanya akan membawa Masalah besar,baik dari segi kesehatan, keindahan dan juga dari segi keberlanjutan Hidup.Oleh karna itu sudah seharusnya masalah sampah harus mendapatkan perhatian keras bagi masyarakat pelakunya.

    BalasHapus
  95. Irna Adelia Lestari14 Februari 2023 pukul 07.43

    Saya setuju dengan cerita di atas bahwa sampah tidak boleh di buang sembarangan Karna biasanya kebanyakan siswa membawa kemasan masuk ke dalam kelas dan membuang sampahnya sembarangan contohnya di laci meja,atau taman kelas.

    BalasHapus
  96. Irna Adelia lestari14 Februari 2023 pukul 07.46

    Nama:Irna Adelia lestari
    Kls:x.2

    Saya setuju dengan cerita di atas bahwa sampah tidak boleh di buang sembarangan Karna akan mempengaruhi kesehatan masyarakat oleh karena itu kebanyakan siswa membawa kemasan masuk ke dalam kelas dan membuang sampahnya sembarangan contohnya di laci meja,atau taman kelas.

    BalasHapus
  97. Nama:Zalsa Annisa
    Kelas:10.6

    Saya setuju,bahwa sumber sampah adalah kantin.siswa/siswi sekolah harus menyadari bahwa sampah plastik bisa membuat lingkungan sekolah rusak.

    BalasHapus
  98. Nama: syamsul arif rahman
    Kelas:X6
    Saya setuju,bahwa sumber sampah adalah kantin.siswa/siswi sekolah harus menyadari bahwa sampah plastik bisa membuat lingkungan sekolah rusak.

    BalasHapus
  99. Nama: muh hifdil
    Kls x6
    Saya setuju,bahwa sumber sampah adalah kantin.siswa/siswi sekolah harus menyadari bahwa sampah plastik bisa membuat lingkungan sekolah rusak.

    BalasHapus
  100. Nama: Alfian Hidayat
    Kls:X.6

    Saya setuju,bahwa sumber sampah adalah kantin.siswa/siswi sekolah harus menyadari bahwa sampah plastik bisa membuat lingkungan sekolah rusak

    BalasHapus
  101. nama REZKY ANGGARA PUTRA
    kelas X6
    saya setuju,bahwa sumber sampah sekolah adalah kantin.warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan sekitar.

    BalasHapus
  102. Nama Muh. Hanif firdaus
    Kelas X6
    saya setuju,bahwa sumber sampah sekolah adalah kantin.warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan sekitar.

    BalasHapus
  103. 15 February 2023 pukul 07.39
    Nama :Sahra
    Kelas :x.6

    Kebanyakan sampah yang berada di sekolah adalah sisah buangan masyarakat sekolah yang berupa bahan bekas kemasan minuman.alat atau perlengkapan sekolah

    BalasHapus
  104. Nama :Rifki Rahmadani
    Kelas :x.6

    Kebanyakan sampah yang berada di sekolah adalah sisah buangan masyarakat sekolah yang berupa bahan bekas kemasan minuman.alat atau perlengkapan sekolah

    BalasHapus
  105. Nama:Elis
    Kelas:X-6
    Saya setuju karna teks di atas membuat kita menyadari pentingnya menjaga lingkungan ap lagi kantin sekolah dan juga menyadarkan area sekolah agar tidak membuang sampah sembarangan

    BalasHapus
  106. Nama: Pratiwi lestari
    Kelas:x.6
    Menurut saya, sampah tidak boleh dibiarkan begitu saja karena kalau sampah itu tidak dapat dicegah maka akan menyebabkan kerusakan lingkungan sekolah,dan dapat membuat siswa/siswi

    BalasHapus
  107. Jawaban nomor 3
    Ya saya setuju dengan teks bacaan diatas ,karena memang sampah membuat lingkungan jadi kotor dan membuat kita tidak nyaman,dan merusak keindahan lingkungan sekolah ,lingkungan sekolah yang kotor dan berbau dapat menjadi sumber menularnya penyakit yang merugikan kita sendiri dan orang lain Dan kurangnya kesadaran siswa terhadap lingkungan yang bersih sangat kurang,dikarenakan banyak siswa yang belum mengerti akan pentingnya hidup bersih

    BalasHapus
  108. Nama:Salsabila
    Kelas:X6
    Menurut saya,siswa kemasan makanan dan minuman baik plastik maupun non plastik yang di jualkantin merupakan cikal bakal sampah sekolah.sampah hanya akan membawa masalah besar,baik dari segi ke sehatan ke indahan dan juga dari segi ke berlanjutan hidup masyarakat sekitarnya.oleh karena itu.sudsh seharusnya masalah sampah haruss mendapatkan perhatian kelas bagi masyarakat pelakunya.

    BalasHapus
  109. Nama:Ahamd adril
    Kelas:xy
    Saran saya, warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan, sehingga bisa mengurangi penggunaan sampah plastik.

    BalasHapus
  110. Ya saya setuju,karna sampah itu berasal dari Kantin sekolah.karna memang, kebanyakan sampah plastik atau sisa makanan siswa. seharusnya di tempat sampah hanya potongan kertas bukannya plasik yang berserakan.
    Siswa jua harus memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membawa makanan dan minuman dari rumah.karena makanan dari rumah jauh lebih sehat dari pada makanan atau jajanan yang ada di kantin sekolah

    BalasHapus
  111. Nama: fayyad ma'arif
    Kls :x.5

    Ya,saya setuju dengan bacaan diatas,karena salah satu sumber sampah yang ada di sekolah adalah kantin yang berada dalam wilayah sekolah,sampah dapat membuat lingkungan tercemar oleh itulah kita harus mengurangi penggunaan sampah plastik agar lingkungan tidak tercemar.

    BalasHapus
  112. Nama :muammar rahman
    Kelas :x.2

    Menurut saya sampah akan berdampak buruk jika tidak dicegah, sampah juga dapat menimbulkan banjir, pencemaran lingkungan, serta munculnya penyakit

    BalasHapus
  113. Sampah merupakan masalah global,masalah yang tak pernah habis dibahas dan dicarikan solusinya serta penanganannya terutama sampah dilingkungan sekolah yang dihasilkan oleh kalangan pelajar.Kebanyakan sampah yang ada disekolah adalah sisa buangan siswa disekolah yang biasanya berupa bahan bekas kemasan makanan,minuman,alat atau perlengkapan sekolah.Yang mengakibatkan banyaknya sampah dilingkungan sekolah juga karena kuranganya kesadar siswa bahwa membuang sampah sembarangan dapat membuat lingkungan sekolah tercemar.

    BalasHapus
  114. Nama:Esa nurul islami
    Kls:X.5
    -menurut pendapat saya kita sebagai pelaku pembeli dan penyebar sampah harus mempunyai kesadaran dalam menjaga kebersihan dan kesehatan dalam lingkungan sekolah,setelah kita makan kita harus membuang sampah pada tempatnya agar sampah tidak berserakan dan membuat lingkungan sekolah menjadi bersih.

    BalasHapus
  115. Nama:Samri
    Kelas:X.2

    Menurut saya, sampah tidak boleh dibiarkan begitu saja karena kalau sampah itu tidak dapat dicegah maka akan menyebabkan kerusakan lingkungan sekolah,dan dapat membuat siswa/siswi tidak nyaman belaja

    BalasHapus
  116. RAIHAN KHAIRUL ANAM14 Februari 2023 pukul 16.45

    Menurut saya, sampah tidak boleh dibiarkan begitu saja karena kalau sampah itu tidak dapat dicegah maka akan menyebabkan kerusakan lingkungan sekolah,dan dapat membuat siswa/siswi tidak nyaman belaja

    BalasHapus
  117. Saya setuju dengan pernyataan diatas tentang kantin sekolah sumber sampah sekolah.karena sampah hanya akan membawa dampak yang buruk,baik dari segi kesehatan dan keindahan.maka diperlukan kesadaran siswa untuk tidak membuang sampah sembarangandan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

    BalasHapus
  118. NURSYAHIRA X2

    Ya , saya setuju karna kantin memang merupakan cikal bakal adanya sampah disekolah . Kesadaran penjual yang berada dikantin diperlukan agar memiliki kesadaran akan hidup sehat dan bersih . Selain penjual kantin, kesadaran siswa juga dikhususkan sebagai pelaku pembeli dan penebar sampah mau itu sampah plastik ataupun nonplastik

    BalasHapus
  119. Nama:Nur Syuhada
    Kelas: x 5
    Jawaban soal nomor 3

    Ya saya setuju bahwa sampah menjadi masalah dalam lingkungan sekolah,akan tetapi sampah juga sudah sangat susah untuk di hilangkan dalam kehidupan sehari-hari karna banyaknya penggunaan kemasan plastik dalam jajanan,sampah seharusnya di perhatikan dengan baik karena jika tidak cepat ditindaki akan merusak lingkungan baik di luar maupun di dalam sekolah,salah satu cara ,dan juga menyediakan bank sampah khusu sampah plastik juga mengurangi sampah yaitu dengan tidak membuang ke sembarang tempat

    BalasHapus
  120. Kelas:X.5
    Menurut saya sampah kalau dibiarkan begitu saja akan berdampak buruk bagi warga sekitar,entah itu berbau banyak nyamuk dan sebagainya,maka dari itu mari kita pelan pelan mencegah penggunaan kemasan makanan,kantong plastik dan sebagainya agar pencemaran tersebut tidak merugikan masyarakat sekitar.

    BalasHapus
  121. NURSYELA AMANDA PUTRI14 Februari 2023 pukul 18.35

    NAMA : NURSYELA AMANDA PUTRI
    KELAS : X5
    JAWABAN NOMOR 3 : Iya SETUJU .
    Karena kantin merupakan sumber sampah disebabkan tidak menaruh sampah pada tempatnya maka solusi dari itu kita harus menyuruh atau mengasih saran untuk membuang sampah pada tempatnya atau menyuruh suster makan di tempat atau di kantin dan menghabiskan hingga selesai

    BalasHapus
  122. Ya saya setuju
    Saran saya kita harus membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan sekolah tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari menularnya penyakit

    BalasHapus
  123. hilyatur rahma
    X. 5
    pandangan saya tentang sampah dilingkungan sekolah sampah merupakan buangan atau sisa makanan. sampahbanyak merugikan masyarakat sekolah terutama siswa jadi solusi dari masalah ini jagalah kebersihan lingkungan sekolah.

    BalasHapus
  124. Bunga Aprilia daud
    X. 5
    Pendapat saya tentang sampah di lingkungan sekolah
    Seharusnya setelah makan dan minum sampah plastik atau botol mineral di buang ditempat sampah,supaya mencegah adanya penyebaran penyakit dan tidak membuat Kantin sekolah kotor

    BalasHapus
  125. Nama:Khaerul Edwar
    Kls:X.2

    Saya setuju,bahwa sumber sampah adalah kantin.siswa/siswi sekolah harus menyadari bahwa sampah plastik bisa membuat lingkungan sekolah rusak.

    BalasHapus
  126. Nama:Ghasa Alghasali
    Kls:X.2

    Menurut pendapat saya sampah akan menimbulkan masalah yang merugikan masyarakat jika tdk di buang pada tempat nya, karena akan menimbulkan bencana seperti banjir

    BalasHapus
  127. NAMA: SITI ABITHA KIRANI
    KELAS:X2
    Saya setuju bahwa warga sekolah harus memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan sehingga bisa mengurangipenggunaan sampah plastik

    BalasHapus
  128. NAMA : SAPRIADI
    KLS. : 10.2

    Saya setuju, karena memang kantin itu sumber sampah di sekolah maka dari itu kita harus mengurangi sampah yg berbahan plastik.

    BalasHapus
  129. Siswa menanggapi sebuah teks atau cerita dengan cara mengkritik atau memberikan tanggapan menggunakan kata kata yang agak kasar atau menyinggung bertujuan agar penerima kritik dapat mengubah nya menjadi lebih baik

    BalasHapus
  130. Ramadani X2

    Siswa menaggapi teks bacaan di atas dengan bahasa sendiri tentang setuju atau tidak setuju karna warga sekolah memiliki kesadaran tentang banyaknya sampah plastik

    BalasHapus
  131. Nama:Adli fairus
    Kls:X.2
    Saya setuju,bahwa sumber sampah adalah kantin.siswa/siswi sekolah harus menyadari bahwa sampah plastik bisa membuat lingkungan sekolah rusak.

    BalasHapus
  132. Nama: nuraynun Awaluddin
    Kelas:X4
    Pandangan saya tentang sampah adalah kita harus menjaga kebersihan lingkungan kita baik di sekolah,maupun di rumah.karena kebersihan sebagai dari iman,maka lingkungan kita menjadi kotor,berbau dan kumuh .

    BalasHapus
  133. menurut saya,sampah tidak akan habis jika kita semua tidak menyadari bahwa sebagian besar sampah adalah limbah plastik yang susah untuk terurai langsung oleh alam dan kemudian akan bertambah banyak jika tidak dicegah.oleh karena iru yang terpenting adalah kesadaran makan dari itu.kita harus sadar bahwa sampah itu merugikan bagi kita orang lain,alam,dan lingkungan

    BalasHapus
  134. Sampah merupakan penyebabnya sumber penyakit, bencana alam, banyak manusia tidak sadar bahwa sampah sangat berbahaya baik bagi alam maupun manusia. Selain itu sampah juga dapat mencemari lingkungan sekitar.

    BalasHapus
  135. Nama:Angriani
    Kelas:x.4
    Menurut saya sampah tidak akan habis jika tidak di cegah itu di sebabkan karena kurangnya kesadaran kita bahwa membuang samoah sembarangan dapat menimbulkan banyak masalah yang daoat mambuat lingkungan tercemar

    BalasHapus
  136. X.4
    Menurut saya sampah akan berdampak buruk jika tidak dicegah sampah juga dapat menyebabkan banjir tercemarnya lingkungan serta munculnya penyakit

    BalasHapus
  137. Nama: muhlis
    Kelas:X.4
    Menurut pandangan saya tentang sampah,sampah yang dibuang diselokan dan disungai dapat menyebabkan selokan dan lingkungan sekitar tercemar hingga air naik .dan dapat menyebabkan banjir.

    BalasHapus
  138. Nama: ismar
    Kls:x 4

    Saya setuju,bahwa sumber sampah adalah kantin.siswa/siswi sekolah harus menyadari bahwa sampah plastik bisa membuat lingkungan sekolah rusak.

    BalasHapus
  139. Nama:A.R.Hidayat Hasanuddin
    Kelas:X4


    Sampah menurut saya adalah limbah hasil pakai manusia yang jika dibuanh disembarang tempat akan menyebabkan musibah bagi masyarakat.
    Dan samapai sekarang solusi msalah sampah masih dibicarakan solusinya.

    BalasHapus
  140. Nama A.R.Hidayat Hasanuddin
    Kelas X4


    Sampah menurut saya adalah limbah hasil pakai manusia yang jika dibuanh disembarang tempat akan menyebabkan musibah bagi masyarakat.
    Dan samapai sekarang solusi msalah sampah masih dibicarakan solusinya.

    BalasHapus

  141. Nama:faisal syam
    Kelas:X.4

    Menurut saya, sampah tidak boleh dibiarkan begitu saja karena kalau sampah itu tidak dapat dicegah maka akan menyebabkan kerusakan lingkungan sekolah,dan dapat membuat siswa/siswi tidak nyaman belajar

    BalasHapus
  142. Nama : A.Reski
    Kls : X.4

    Sampah merupakan masalah global yang sulit ditangani sampah juga sangat sulit teruraikan dan ada juga sampah yang tidak dapat terurai,sampah juga dapat menyebabkan penyakit dan bencana alam seperti banjir,maka dari itu buanglah sampah pada tempatnya.

    BalasHapus
  143. Nama : Muthiara suci Ramadhany
    Kelas : x.2
    Yang sya dapat dri bacaan di atas tentang menggunakan media sosial dengan bijak dan baik

    BalasHapus