Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PUISI ARUL PANRITA

 

 GAMBAR PUISI ARUL PANRITA

PERAHU KERTAS

                                    Karya Arul Panrita

 
Melaju di atas air,sayang
Deras terbawa lentera emosi ke hulu
Senja masih jauh,genangan air sebagian adalah air mata
Tenang bawa warna hitam dan putih
Seperti papan catur wajah air
Kita melaju sesekali berpikir tak sempat bertemu
Tahan maka terahanlah perahu kertas yang mulai basah

Prahara cinta dan maut satu di muara
Menunggu kita yang biasa termenung di tepi kolam
Menatap yang kita buat
Tepian begitu sempit
Dan sepasang kaki kita menyentuh bibirnya

Jangan di tepi,sayang
Mungkin maut akan merampas perahu kita
Dia tak butuh penawaran logika
Ataupun alasan mengapa kita bermain air

Sisi sisi kita akan rapuh
Seperti dinding perahu kertas yang tak kuat membendung masa
Kita sama-sama tahu itu
Sebelum kita bertemu

SENANDUNG HITAM DAN PUTIH

            
                Karya Arul Panrita


Senandung awan mendayukan suara kelam
Tentang rasa menghinggapi jantung-jantung manusia
Tak ada kata suarakan pertaubatan
Dari heningnya ada neraka mengintai
Mata-mata menyala

Agh….selepas adzan subuh nanti
Harapan banyak menanti
Tapi lelep di pelukan mimpi jadi bualan dan yang hitam tetaplah hitam
Dan putih cepatlah hinggap di sini
Jelas segala nyata akan terbang di hembus angin

bawa udara naik ke awan dan tak kembali
biarlah


44 komentar untuk "PUISI ARUL PANRITA"

  1. Nama : Sri Sutriani
    Kls : X.3
    Sudahmi pak

    BalasHapus
  2. Nama:Magfira
    Kelas:X.3
    Sudahmi pak

    BalasHapus
  3. nama:annisa
    Kelas:X3
    sudahmi pak

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama: Putri Ayudia
    Kelas: X. 5
    Makna dari puisi Senandung Hitam dan Putih adalah tentang pertaubatan di mana suara awan menyajikan suara yang menakutkan tentang perasaan yang hinggap pada hati manusia, tidak ada satupun yang mengingatkan untuk bertaubat, namun di balik itu ada neraka yang akan terus mengintai mereka.
    Setelah adzan subuh ada begitu banyak harapan yang menanti, namun semua harapan itu hanyalah omong kosong semata apa bila telah tenggelam dalam mimpi, yang gelap tetap akan menjadi gelap, namun berharap cahaya datang dan menggantikan kegelapan itu. Dan kenyataan itu akan terbang karena hembus oleh angin, naik ke awan dan berharap kenyataan itu tidak akan kembali

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama:Mirayanti
    Kelas:X.3
    Sudahmi pak

    BalasHapus
  9. Nama : putri
    Kelas: X.1
    Makna dari puisi perahu kertas
    Karya Arul Panrita
    Sebuah perjalanan hidup yang terus berlalu tanpa mengenal waktu seakan air mata berjatuhan kepipih. Tepian begitu sempit ataupun alasan mungkin maut akan merampas perahu kita Seakan sisi kita akan rapu seperti dinding perahu kertas. Yang tak kuat menahan genangan air.

    BalasHapus
  10. Makna dari puisi perahu kertas menggambarkan masa kanak kanak yang memiliki jiwa berkhayal yang sangat luas.puisi perahu kertas mengandung bahwa manusia dalam mengabdi kepada Tuhannya harus tulus dan ikhlas


    Makna dari Senandung hitam dan putih Hidup itu tentang putih atau hitam, baik atau buruk, berusaha atau menyerah, dan tiada di antara keduanya. Ganjaran dari semua itu ialah surga atau neraka.Tiada warna warni dalam kehidupan tetapi hanya hitam dan putih yaitu kebaikan dan keburukan.Setiap kehidupan yang datang, selalu membawa warna. Tuhan selalu punya segala cara agar hidup ini tak selalu hitam dan putih.Ada cahaya dalam setiap kegelapan. Ada jalan dalam setiap masalah. Ada harapan dalam setiap doa

    BalasHapus
  11. Nama:Fina alvionita
    Kelas:X.1
    Makna puisi yang berjudul senandung hitam putih adalah"Tiada warna warni dalam kehidupan tetapi hanya hitam dan putih yaitu kebaikan dan keburukan.""Setiap kehidupan yang datang, selalu membawa warna. Tuhan selalu punya segala cara agar hidup ini tak selalu hitam dan putih.""Ada cahaya dalam setiap kegelapan. Ada jalan dalam setiap masalah. Ada harapan dalam setiap doa."




    Makna puisi yng berjudul perahu kertas adalah"apa kira kira bekal yang sudah kita bawa diperahu itu untuk bisa sampai ketujuan , sampai pada akhirnya perahu itu basah dan tenggelam menjadi serpihan kertas ditengah laut, karna itu kita tetap harus kuat untuk bisa sampai kemana arah laut membawa serpihan_serpihan kertas ini.



    BalasHapus
  12. Nama Sri Wahyuni
    Kelas X.1
    Makna puisi Perahu Kertas tentang kekhawatiran antara kehidupan dengan kematian,tentang maut yang akan datang tampa adanya tanda tanda di mana ada kalanya kita menyebrangi samudra yang luas dengan perahu itu untuk bisa sampai ketujuan,tetapi perahu itu basah dan tenggelam secara tiba tiba di tengah laut karna itu kita harus kuat untuk bisa sampai kemana arah laut atau takdir membawa serpihan kertas yg telah hancur



    Makna dari puisi Senandung Hitam dan Putih adalah tentang hidup seperti warna antara hitam dan putih antara keburukan dan kebaikan,pertaubatan di mana suara awan menyajikan suara yang menakutkan tentang perasaan yang hinggap pada hati manusia, tidak ada satupun yang mengingatkan untuk bertaubat hingga mereka lupa tentang kehidupan antara hitam dan putih
    Setelah adzan subuh ada begitu banyak harapan yang menanti, namun semua harapan itu hanyalah omong kosong semata apa bila telah tenggelam dalam mimpi dan berharap ada cahaya putih yang menggantikan kegelapan yg terbang mengikuti hembusan angin.

    BalasHapus
  13. Nama: Rosfina
    Kelas:. X.1
    Makna puisi yang berjudul SENANDUNG HITAM DAN PUTIH yaitu adalah
    "Hidup adalah buku dan pena. hitam coret-coretan dosa, putih catatan pahala. setelah kau tiada; kelak buku akan di buka, di baca di alam baka."
    "Tiada warna warni dalam kehidupan tetapi hanya hitam dan putih yaitu kebaikan dan keburukan "Setiap kehidupan yang datang, selalu membawa warna. Tuhan selalu punya segala cara agar hidup ini tak selalu hitam dan putih."
    "Ada cahaya dalam setiap kegelapan. Ada jalan dalam setiap masalah. Ada harapan dalam setiap
    Kehidupan yang datang selalu punya segala cara hidup ini tak selalu hitam dan putih.



    MAKNA PUISI YANG BERJUDUL PERAHU KERTAS yaitu adalah " Ada kalanya kita bisa mebyebrangi samudra yang luas tapi tetap dengan kerendahan hati untuk sesekali menepi, lihat sekeliling apakah semuanya bisa seimbang antara kehikdupan dan kematian, apa kira kira bekal yang sudah kita bawa diperahu itu untuk bisa sampai ketujuan , sampai pada akhirnya perahu itu basah dan tenggelam menjadi serpihan kertas ditengah laut, karna itu kita tetap harus kuat untuk bisa sampai kemana arah laut membawa serpihan serpihan kertas ini.

    BalasHapus
  14. NAMA:ADRIAN
    KLS:X.1

    Makna dari puisi Senandung Hitam dan Putih adalah tentang pertaubatan di mana suara awan menyajikan suara yang menakutkan tentang perasaan yang hinggap pada hati manusia, tidak ada satupun yang mengingatkan untuk bertaubat, namun di balik itu ada neraka yang akan terus mengintai mereka.
    Setelah adzan subuh ada begitu banyak harapan yang menanti, namun semua harapan itu hanyalah omong kosong semata apa bila telah tenggelam dalam mimpi, yang gelap tetap akan menjadi gelap, namun berharap cahaya datang dan menggantikan kegelapan itu.

    Makna dari puisi Senandung Hitam dan Putih adalah menakutkan tentang perasaan yang hinggap pada hati manusia, tidak ada satupun yang mengingatkan untuk bertaubat, namun di balik itu ada neraka yang akan terus mengintai mereka.
    Setelah adzan subuh ada begitu banyak harapan yang menanti, namun semua harapan itu hanyalah omong kosong semata apa bila telah tenggelam dalam mimpi, yang gelap tetap akan menjadi gelap, namun berharap cahaya datang dan menggantikan kegelapan itu.

    BalasHapus
  15. Nama:Diva wahyuni
    Kelas:x.1
    makna puisi perahu kertas
    Menggambarkan tentang tingkat keimanan seseorang terhadap tuhan mengenai ketulusan dan keikhlasan serta sikap seorang anak yang menunggu kabar dari Perahu yang tak pernah lepas dari Rindu-mu dan sikap seorang anak beserta Nabi Nuh yang percaya bahwa oerahu kertasnya sudah dipergunakan untuk menyelematkan semua makhluk hidup dari bencana besar.


    Makna puisi senandung hitam dan putihSeruan adzan subuh banyak manusia yg mengabaikan, padhal ada neraka yg apinya menyala-nyala.

    Setelah terbit matahari ada banyak harapan-harapan manusia tapi itu hanyalah mimpi karna dia tak ada usaha, dan segala cahaya kehidupan akan hilang dimakan waktu yang dipergunakan sia-sia.

    Cepatlah jemput hidayah itu,sebelum terlambat.

    BalasHapus
  16. Nama: A Raffi fatika
    Kelas : x.1
    makna puisi perahu kertas
    Menggambarkan ketulusan dan keikhlasan serta sikap yang baik
    Dan bagai mana seseorang yang sabar menunggu seseorang

    Makna puisi hitam dan puti tentang seseorang yang ingin bertobat karna ia sadar bah ada neraka yang mengintai dan ia ingin ber tobat saat waktu subuh

    BalasHapus
  17. Nama: A Raffi fatika
    Kelas: x.1
    Makna puisi perahu kertas adalah tentangkisah cinta seseorang yang berjuang walaupun banyak cobaandan tentang ketulusan cintanya walaupun maut menjemput kita akan tetap bersatu

    Makana puisi senandung hitam dan puti bercerita tentang seseorang yang ingin ber tobat dan ia bertaubat dengan ketulusan hatinya dan ia bertobat di waktu yang sangat baik yaitu pade waktu subuh

    BalasHapus
  18. Nurul Mutmainna
    Kls : X.1

    Makna puisi dari PERAHU KERTAS adalah menggambarkan seseorang yang menunggu cinta sejatinya yang ntah kapan kembalinya,hingga pada akhirnya mereka kembali di pertemukan.dan berharap tidak ada lagi yang bisa memisahkan mereka hingga maut menjemput.


    Makna puisi dari SENANDUNG HITAM DAN PUTIH adalah seseorang yang ingin bertaubat dan menaruh banyak harapan kepada sang pencipta.

    BalasHapus
  19. Nama: Nurul syawanda
    Kelas:X.1
    puisi Perahu Kertas mengandung makna bahwa manusia dalam mengabdi kepada Tuhannya harus tulus dan ikhlas.
    Makna puisi yang berjudul senandung hitam putih adalah"Tiada warna warni dalam kehidupan tetapi hanya hitam dan putih yaitu kebaikan dan keburukan.""Setiap kehidupan yang datang, selalu membawa warna. Tuhan selalu punya segala cara agar hidup ini tak selalu hitam dan putih.""Ada cahaya dalam setiap kegelapan. Ada jalan dalam setiap masalah. Ada harapan dalam setiap doa."

    BalasHapus
  20. makna puisi PERTAMA ( perahu kertas )
    - menceritakan tentang kehidupan dgn seseorang yg dmana kehidupan itu tidak akan abadi, begitu pula cinta dan takdir kematian, bagai perahu kertas yg semakin lama semakin basah dan akan menuju akhir dari segalanya

    makna puisi KEDUA ( senandung hitam dan putih )
    - menggambarkan orang yang terlalu terlena dengan kehidupannya sehingga lupa akan adanya hari pembalasan

    BalasHapus
  21. ARYA ASHABIL
    KELAS:X5
    Makna dari puisi Senandung Hitam dan Putih adalah tentang pertaubatan di mana suara awan menyajikan suara yang menakutkan tentang perasaan yang hinggap pada hati manusia, tidak ada satupun yang mengingatkan untuk bertaubat, namun di balik itu ada neraka yang akan terus mengintai mereka.
    Setelah adzan subuh ada begitu banyak harapan yang menanti, namun semua harapan itu hanyalah omong kosong semata apa bila telah tenggelam dalam mimpi, yang gelap tetap akan menjadi gelap, namun berharap cahaya datang dan menggantikan kegelapan itu. Dan kenyataan itu akan terbang karena hembus oleh angin, naik ke awan dan berharap kenyataan itu tidak akan kembali

    BalasHapus
  22. Nama:Adrian Pratama
    Kelas:10x5
    Makna dari puisi Senandung Hitam dan Putih adalah tentang pertaubatan di mana suara awan menyajikan suara yang menakutkan tentang perasaan yang hinggap pada hati manusia, tidak ada satupun yang mengingatkan untuk bertaubat, namun di balik itu ada neraka yang akan terus mengintai mereka.
    Setelah adzan subuh ada begitu banyak harapan yang menanti, namun semua harapan itu hanyalah omong kosong semata apa bila telah tenggelam dalam mimpi, yang gelap tetap akan menjadi gelap, namun berharap cahaya datang dan menggantikan kegelapan itu. Dan kenyataan itu akan terbang karena hembus oleh angin, naik ke awan dan berharap kenyataan itu tidak akan kembali

    BalasHapus
  23. Makna dari puisi Senandung hitam dan putih adalah

    Rajinlah engkau menyembah Tuhan dan beribadah,
    Karena setiap hari dan waktu ada neraka yang selalu mengintai,
    Suara adzan pun memanggil namun engkau tetap tidur puas"disitulah sebuah harapan dan impian kau lepas"

    Dan kau akan menyesalinya namun itu sudah terlambat



    BalasHapus
  24. Nama : Aulia Nur Azizah
    Kelas : X5

    Makna puisi dari senandung hitam dan putih adalah “Suara awan yang mendayukan perasaan, dan tidak ada satupun kata pertaubatan dari adanya neraka yang mengintai. Setelah adzan subuh ada begitu banyak harapan yang menanti, tapi lelap di pelukan mimpi jadi buatan dan yang hitam tetaplah hitam dan putih cepatlah hinggap disini. Jelas semua nyata dan akan terbang di hembus angin namun tidak dapat kembali lagi”

    BalasHapus
  25. nama:dimas x5
    Makna dari puisi Senandung hitam dan putih adalah

    Rajinlah engkau menyembah Tuhan dan beribadah,
    Karena setiap hari dan waktu ada neraka yang selalu mengintai,
    Suara adzan pun memanggil namun engkau tetap tidur puas"disitulah sebuah harapan dan impian kau lepas"

    Dan kau akan menyesalinya namun itu sudah terlambat

    BalasHapus
  26. Nama:Reski
    Kelas:x.5
    Makna dari puisi Senandung Hitam dan Putih adalah tentang rasa berdosa yang hinggap pada hati manusia, tidak adanya rasa bersalah, namun di balik itu ada neraka yang akan terus mengintai mereka.
    Suara adzan pun memanggil namun engkau tetap tertidur puas, namun semua harapan itu hanyalah omong kosong semata apa bila kamu tidak mengerjakannya, yang gelap tetaplah gelap jika kamu tidak meneranginya sendiri , namun kamu hanya terus berharap agar cahaya itu datang sendiri menggantikan kegelapan itu.

    BalasHapus
  27. Nama: Yulia Nuraeni
    Kelas: X. 5
    Makna puisi yang berjudul
    "Senandung hitam dan putih"
    Sebuah perasaan yang hinggap dihati manusia. Dan suara awan yang mengejutkan seakan manusia terbangun dari tidur dan mimpi. Seakan mendengar kan ku Mandan add an subuh telah tiba dan bergegaslah Meng ambil air wudhu sekolah itu secepatnya pergi lah sholat dan berdoa kenapa sang pengcipta agar selalu dilindungi dalam keadaan apapun

    BalasHapus
  28. Makna puisi perahu kertas adalah Menceritakan sebuah perahu kertas yang dibuat oleh sepasang orang dengan menceritakan perahu itu sama halnya dengan dirinya,dimana perahu itu rapuh dan tak kuat melawan ombak, begitupun dengan cinta akan ada masa kita bersatu,dan akan ada masa yang tidak bisa kita tolak yaitu kematian dan disitulah kita terpisah kan oleh dunia yang berbeda.

    BalasHapus
  29. Nama: Nur hikmah
    Kelas: X.5
    Judul puisi (PERAHU KERTAS)
    Maknanya:
    "Tentang seseorang yang mencintai dengan tulus ataupun ikhlas serta siap menunggu kabar dari perahu yang tak pernah lepas dari rindunya,dan disana ada sebuah harapan
    Yang entah akan dibawa kemana"

    BalasHapus
  30. Nama:Andriawan
    Kelas:X.5
    Makna puisi senandung hitam dan putih adalah tiada warna warni dalam kehidupan tetapi hanya hitam
    dan putih yaitu kabaikan dan keburukan "setiap kehidupan yang datang, selalu membawa warna,tuhan selalu punya segala cara agar hidup ini tak selalu hitam dan putih, ada cahaya dalam setiap kegelapan, ada jalan dalam setiap masalah, ada harapan dalam setiap doa.

    BalasHapus
  31. Nama:Nurul ramadani
    Kls:X.5
    Makna puisi dari perahu kertas adalah menceritakan tentang seseorang yang mencintai dengan ikhlas dan tulus dan sabar dalam menunggu kabar dari
    Seseorang walaupun banyak cobaan.

    BalasHapus
  32. Nama:fayyad Maarif
    Kls:x.5
    Makna dari puisi senandung hitam dan putih adalahHitam putih adalah dua warna yang berbeda yang terkadang, di pergunakan juga untuk sesuatu hal yang berlainan arah atau pun jenis. hitam putih biasa juga diartikan keadaan atau ketentuan hal yang sebenarnya.

    BalasHapus
  33. Nama: yusuf
    25 Oktober 2022 08.06
    Nama:Andriawan
    Kelas:X.5
    Makna puisi senandung hitam dan putih adalah tiada warna warni dalam kehidupan tetapi hanya hitam
    dan putih yaitu kabaikan dan keburukan "setiap kehidupan yang datang, selalu membawa warna,tuhan selalu punya segala cara agar hidup ini tak selalu hitam dan putih, ada cahaya dalam setiap kegelapan, ada jalan dalam setiap masalah, ada harapan dalam setiap doa.

    BalasHapus
  34. Nama : Nisyam Purnama
    Kelas : X.5
    Maknapuisi Senandung Hitam dan Putih adalah tentang pertaubatan di mana suara awan menyajikan suara menakutkan tentang perasaan yang menetap di hati manusia, tidak ada satupun yang mengingatkan untuk bertaubat, namun di balik itu ada neraka yang akan terus mengintai mereka.
    Setelah adzan subuh ada begitu banyak harapan yang menanti, namun semua harapan itu hanyalah semata-mata apa bila telah tenggelam dalam mimpi, namun berharap cahaya datang dan menggantikan kegelapan itu. Dan kenyataan itu akan terbang karena hembus oleh angin, naik ke awan dan berharap kenyataan itu tidak akan kembali

    BalasHapus
  35. Nama:Yusril
    Kls:X.5

    Makna puisi senandung hitam dan putih yaitu menceritakan tentang para manusia yang mengabaikan kewajibannya,serata melupakan untuk bertaubat kepada Tuhan atas kesalahan yang telah di lakukannya namun neraka akan selalu mengintainya

    BalasHapus
  36. Nama: Rizky Febrianto Ramli
    Kelas:X5
    (Puisi senandung hitam dan putih makna dari puisi ini adalah),
    Suatu perasaan yang hinggap di hati seorang suara awan yang menakutkan, tdk ada yang mengingat untuk bertaubat, tapi ada neraka yang mengintai dan mengingat kelakuan mereka, suara adzan subuh sudah menanti banyak harapan, tapi harapan tak selamanya karena harapan tengelam didalam mimpi, dan cahaya datang mengganti kegelapan itu, semua harapan akan hilang karena terhembus angin,
    Dan semua harapan akan menghilang di awan yg mendayungkan.

    BalasHapus
  37. Nama : Aistaf mairana
    Kelas : x.5
    Makna dari puisi PERAHU KERTAS adalah tentang di sana ada sebuah harapan yang entah akan dibawa kemana, dan disana ada sebuah cita-cita yang ingin dicapai

    BalasHapus
  38. MAKNA DARI PUISI SENANDUNG HITAM DAN PUTIH menggambarkan orang yang terlalu terlena dengan kehidupannya sehingga lupa akan adanya hari pembalasan sampai suatu hari dia ingin bertaubat karena ingat akan adanya neraka yang menanti/mengintai

    BalasHapus
  39. NAMA: ASTI
    KELAS:X.5
    MAKNA DARI PUISI SENANDUNG HITAM DAN PUTIH menggambarkan orang yang terlalu terlena dengan kehidupannya sehingga lupa akan adanya hari pembalasan sampai suatu hari dia ingin bertaubat karena ingat akan adanya neraka yang menanti/mengintai.

    BalasHapus
  40. NAMA : NURSYELA AMANDA PUTRI
    KELAS : X5
    Makna puisi dari perahu kertas:
    Puisi ini memiliki makna yang menggambarkan tentang tingkat keimanan seseorang terhadap tuhan mengenai ketulusan dan keikhlasan serta sikap seorang anak yang menunggu kabar dari Perahu yang tak pernah lepas dari Rindu-mu dan sikap seorang anak beserta Nabi Nuh yang percaya bahwa oerahu kertasnya sudah dipergunakan

    BalasHapus
  41. Nama: suci afriliya
    Kelas: X.5

    Makna puisi( perahu kertas)

    "puisi ini memiliki makna yang menggambarkan tentang singkat keimanan seseorang terhadap Tuhan mengenai ketulusan dan keikhlasan serta sikap seorang anak yang menunggu kabar dari perahu yang tak pernh lepas rindumu dan sikap seorang anak beserta nabi Nuh yang percaya bahwa perahu kertas nya sdh di pergunakan"

    BalasHapus
  42. Nama: Nurfadila.S
    Kelas:X.5
    Makna puisi dari SENANDUNG HITAM DAN PUTIH adalah tentang seorang yang melalaikan tugasnya serta melupakan untuk bertaubat tapi neraka akan selalu mengintai.

    BalasHapus
  43. NURSYELA ANANDA PUTRI25 Oktober 2022 pukul 16.35

    NAMA : NURSYELA AMANDA PUTRI
    KELAS : X5
    Makna puisi dari perahu kertas:
    Puisi ini memiliki makna yang menggambarkan tentang tingkat keimanan seseorang terhadap tuhan mengenai ketulusan dan keikhlasan serta sikap seorang anak yang menunggu kabar dari Perahu yang tak pernah lepas dari Rindu-mu dan sikap seorang anak beserta Nabi Nuh yang percaya bahwa oerahu kertasnya sudah dipergunakanNAMA : NURSYELA AMANDA PUTRI
    KELAS : X5
    Makna puisi dari perahu kertas:
    Puisi ini memiliki makna yang menggambarkan tentang tingkat keimanan seseorang terhadap tuhan mengenai ketulusan dan keikhlasan serta sikap seorang anak yang menunggu kabar dari Perahu yang tak pernah lepas dari Rindu-mu dan sikap seorang anak beserta Nabi Nuh yang percaya bahwa oerahu kertasnya sudah dipergunakan

    BalasHapus
  44. Nama: andi uswatul hasana
    Kls: x5
    Makna puisi perahu kertas: puisi tersebut menliki makna tentang seseorang yang mencintai dan tulus ataupun ikhlas serta siap menunggu kabar draiperahu yang tak pernah lepas dari rindunya
    Dan disana ada sebuah
    Harapan yang entah
    Akan dibawa kemana




    BalasHapus