Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI INTERPRETASI DAN PARAFRASE PUISI


GAMBAR MATERI INTERPRETASI DAN PARAFRASE PUISI

Puisi merupakan karya sastra yang menggunakan bahasa tulis yang terikat oleh kepadatan bahasa dan memiliki makna yang juga disertai diksi yang konotatif. Puisi merupakan karya seni yang berupa tulisan singkat dengan terikat oleh bait dan irama serta rima.puisi menrupakan ungkapan jiwa seseorang yang dituangkan dalah tulisan-tulisan yang pendek.

Di atas merupakan sebagian kecil penertian pusi yang didefenisakn secara beebas. Sebenarnya, devenisi puisi tidaklah terikat oleh satu penegrtian semata, namun puisi dapat didefenisikan secara universal atau bebas bagi pengguna dan pemakainnya, namun tak boleh epas dari esensinya sebagai karya seni yang menggunakan bahasa tulis.

Dalam materi kali ini, kita akan belajar trik dan cara yang sangat mudah untuk menginterpretasikan karya sastra yajni puisi. Interpretasi yang dimaksudkan disini adalah memberi makna pada puisi, atau dengan kata lain memaknai puisi.

Adapun langkah-langkah mudah dalam meng interpretasikan makna puisi adalah sebagai berikut:

1. Kata Per kata

Cara ini dapat dilakukan dengan mencatat kata-kata yang dianggap penting atau sulit yang terdapat dalam puisi, kemudian kata-kata tersebut diartikan atau denga cara lain mencari sinonim kata-kata tersebut.

Setelah mengumpulkan arti atau sinonim kata-kata yang sulit atau yangsudah tadi di kelompokkan maka laukukanlah penggabungan kata dan menarik sattu kalimat / kata dari kata-kata yang sudah diartikan/ yang btelah dicari sinonimnya.

2. Kalimat per kalimat

Cara ke dua ini hampir sama halnya dengan cara pertama,yakni mencari arti kalimat atau maksud kalimat yang ada dalam puisi. Kemudian menyatukan secara menyeluruh hasil mengartikan maksud kalimat tersebut lalu menarik kesimpulan maksud atau makna kalimat.

3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

Cara ketiga ini adalah cara yang paling tinggi tingkatannya, hal tersebut dikarenakan oleh karena pembaca ynag ingin mengetahui makna puisi secara menyeluruh haruslah mengerti makna kata dan maksud kalimat yang ada dalam pusi lalu menyimpulkan secara singkat dan menghubungkannya dengan judul puisi lalu menarik kesimpulan yang tak jauh dari makna judul puisi.maka makna puisi akan cepat diketahui maksud dan maknanya.

PARAFRASE PUISI

Salah Satu langkah yang mudah dalam menginterpretasikan makna sebuah puisi adalah dengan cara melakukan parafrase diksi pusi. Parafrase yang dimaksudkan adalan dengan cara menambahkan diksi atau kata yang pas atau cocok dalam katata/kalimat pada pusi. Penambahan kata yang dilamsudkan adalah penambahan kata yang cocok dengan kata yang ada pada puisi. Penempatan parafrase ini dapat dilakukan pada awal,tengah atau akhir kaalimat sebuah pusi / baris perbarisnya. Setelah melakukan parafrase diksi pada pusi, maka akan lebih memudahkan untuk mengetahui makana kata tiap kalimat pada puisi dan hal tersebut sudah tentu akan memudahkan menemukan kasud atau makna puisi tersebut.

Parafrase sendiri adalah cara atau langkah penambahan kataataupun kalimat pada puisi tampa harus mengurangi atau menghilangkan kata asli dari pusi yang ada. Dengan kata lain parafrase yakni menambahkan kata/kalimat pada kata-kata puisi agar terdengan lebih denotatif atau jelas maksud kaalimat puisi.

71 komentar untuk "MATERI INTERPRETASI DAN PARAFRASE PUISI"

  1. Muh ilham kelas X 3 puisi merupakan kariya Satra merupakan

    BalasHapus
  2. Nama:Dwi Pertiwi
    Kelas:X.1
    Menurut saya: puisi adalah suatu karya sastra yang memiliki makna dan terikat oleh bait dan irama serta menggunakan ekspresi atau ungkapan jiwa

    BalasHapus
  3. Nama: Andi ratu alifa bulqis
    Kelas: X.3
    (Rangkuman materi tentang materi interpretasi dan parafrase puisi)
    1.puisi merupakan karya sastra yang menggunakan bahasa tulis yang terkait dengan kepadatan bahasa dan makna yang disertai diks yang konotatif.
    2.langkah langkah dalam menginterupsi makna puisi sebagai berikut:
    - kata per kata
    - kalimat per kelimat
    - membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi.
    3.parafrase yang dimaksud adalah dengan cara menambahkan diks atau kata yang pas adau cocok dengan kata/kalimat pada puisi.
    - parafrase sendiri adalah cara atau langkah penambahan kata ataupun kalimat pada puisi tanpa harus mengurangi atau menghilangkan kata asli dari puisi yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mega Wandira
      1.kata per kata
      2.kalimat per kalimat
      3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

      Hapus
  4. Nama:Dwi Pertiwi
    Kelas:X.1
    Menurut saya: puisi adalah suatu karya sastra yang memiliki makna dan terikat oleh bait dan irama serta menggunakan ekspresi atau ungkapan jiwa.

    BalasHapus
  5. Nama: Mawar
    Kelas: X.1
    Menurut saya puisi adalah suatu bentuk karya sastra yang menggunakan kata-kata indah dan kaya akan makna.
    Parafrase puisi adalah cara atau langkah yang di lakukan untuk mengungkapkan puisi dengan cara yang lain tanpa mengubah maknanya.

    BalasHapus
  6. Nama: Nurul sakinah
    Kelas: X.3

    • Puisi merupakan karya sastra yang menggunakan bahasa tulis yang terikat oleh kepadatan bahasa dan memiliki makna yang juga disertai diksi yang konotatif.

    • Langkah-langkah dalam menginterpretasikan makna puisi:
    > kata per kata
    > Kalimat per kalimat
    > membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi.

    • Parafrase sendiri adalah cara atau langkah penambahan kata ataupun kalimat pada puisi tanpa harus mengurangi atau menghilangkan kata asli dari pusi yang ada. Dengan kata lain parafrase yakni menambahkan kata/kalimat pada kata-kata puisi agar terdengan lebih denotatif atau jelas maksud kaalimat puisi.

    BalasHapus
  7. Nama: Rosfina
    Kelas:x.1

    Menurut saya parafrase puisi adalah mengubah puisi menjadi bentuk prosa tanpa mengubah arti aslinya.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Andi nabilah azzahra
    X. 3

    Puisi merupakan karya sastra yang menggunakan bahasa tulis yang terikat oleh kepadatan bahasa dan memiliki makna yang juga disertai diksi yang konotatif. Puisi merupakan karya seni yang berupa tulisan singkat dengan terikat oleh bait dan irama serta rima.puisi menrupakan ungkapan jiwa seseorang yang dituangkan dalah tulisan-tulisan yang pendek.

    *Langkah-langkah dalam
    menginterpretasikan makna puisi
    -Kata Per kata
    -Kalimat per kalimat
    -Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    * PARAFRASE PUISI
    langkah yang mudah dalam menginterpretasikan makna sebuah puisi adalah dengan cara melakukan parafrase diksi pusi. Parafrase yang dimaksudkan adalan dengan cara menambahkan diksi atau kata yang pas atau cocok dalam katata/kalimat pada pusi. Penambahan kata yang dilamsudkan adalah penambahan kata yang cocok dengan kata yang ada pada puisi. Penempatan parafrase ini dapat dilakukan pada awal,tengah atau akhir kaalimat sebuah pusi / baris perbarisnya.

    Parafrase sendiri adalah cara atau langkah penambahan kata ataupun kalimat pada puisi tanpa harus mengurangi atau menghilangkan kata asli dari puisi yang ada

    BalasHapus
  10. Nama:ALIF DUHRI GIANSYA
    Kls:X3

    1.Rangkuman materi interpretasi dan parafrase phsi

    -puisi merupakan karya sastra yang menggunakan bahasa tulis yang terikat oleh kepadatan bahasa dan memiliki makna yang juga disertai diksi yang konotatif.

    2.Langkah-langkah mudah dalam menginterpretasika makna puisi
    •Kata per kata
    •kalimat per kalimat
    •membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    3.Parafrase yang dimaksudkan adalah dengan cara menambahkan diksi atau kata yang pas atau cocok dalam kata/kalimat pada puisi.

    Parafrase sendiri adalah cara atau langkah penambahan kata ataupun kalimat pada puisi tampa harus mengurangi atau menghilangkan kata asli dari puisi yang ada.

    BalasHapus
  11. Nama:Nova Ariski
    Kelas:X.1

    Menurut saya parafrase puisi adalahmengubah puisi menjadi bentuk prosa yang tunduk pada aturan-aturan prosa tanpa mengubah isi puisi tersebut

    BalasHapus
  12. parafrase adalah mengubah puisi menjadi bentuk sastra lain.

    BalasHapus
  13. Nama:tzaaqibul fikri
    Kelas:x3


    Puisi merupakan karya sastra yang menggunakan bahasa tulis yang terkait oleh kepadatan bahasa dan memeiliki makna yang juga disertai diksi yang konotatif. Puisi merupakan karya seni yang berupa tulisan singkat dengan terikat oleh bait dan irama serta rima. Puisi merupakan ungkapan jiwa seorang yang di tuangkan dalam tulisan tulisan yang pendek

    Langkah langkah mudah dalam meng interpretasikan makna puisi adalah sebagai berikut.
    1. Kata pernah kata
    2.kalimat per kalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dengan menghubungkan dengan judul puisi

    - parafrase yang dimaksud adalah
    dengan cara menambahkan diksi atau
    kata yang pas atau cocok dalam kata/
    kalimat pada puisi
    -parafrase sendiri adalah cara atau
    langkah penambahan kata ataupun
    kalimat pada puisi tanpa harus
    mengurangi atau menghilangkan kata
    asli dari puisi yang ada

    BalasHapus
  14. Nama:A.rafif fatika
    Kelas:x.1
    Menurut say parafrase puisi adalah caramembuat puisi yang indah dengan kata kata yang baku,danjuga dengan bahasa yang mudah di mengerti dari kata perkata .

    BalasHapus
  15. Nama : Sri Wahyuni
    Kelas :X.1
    Menurut saya parafrase puisi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk manambah suatu kata/kalimat tanpa harus mengurangi atau mengubah pengertian suatu kata/kalimat dengan tujuan untuk dapat menjelaskan makna yang di maksud pada sebuah kata/kalimat puisi sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami makna yang terkandung dalam suatu teks puisi

    BalasHapus
  16. Nama:Andi Nurhalisa Andi Amir .M
    Kls:X3

    Puisi merupakan karya sastra yang menggunakan bahasa tulis yang terkait oleh kepadatan bahasa dan memeiliki makna yang juga disertai diksi yang konotatif. Puisi merupakan karya seni yang berupa tulisan singkat dengan terikat oleh bait dan irama serta rima. Puisi merupakan ungkapan jiwa seorang yang di tuangkan dalam tulisan tulisan yang pendek

    Langkah langkah mudah dalam meng interpretasikan makna puisi adalah sebagai berikut.
    1. Kata pernah kata
    2.kalimat per kalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dengan menghubungkan dengan judul puisi

    - parafrase yang dimaksud adalah
    dengan cara menambahkan diksi atau
    kata yang pas atau cocok dalam kata/
    kalimat pada puisi
    -parafrase sendiri adalah cara atau
    langkah penambahan kata ataupun
    kalimat pada puisi tanpa harus
    mengurangi atau menghilangkan kata
    asli dari puisi yang ada

    BalasHapus
  17. Nama:Nurul syawanda
    Kelas:X.1

    Menurut saya Puisi merupakan karya sastra yang bahasanya terikat oleh irama,rima,serta penyusunan larik dan bait .Dan puisi juga memiliki makna tersendiri dan ungkapan jiwa seseorang yang dituangkan dalam tulisan-tulisan yang pendek

    BalasHapus
  18. Parafrase adalah bentuk pengungkapan kembali suatu kata, bahasa, kalimat atau pernyataan dengan menggunakan diksi yang lebih sederhana namun tidak dengan mengubah makna dari bahasa tersebut.

    BalasHapus
  19. Nama : Sofia nuraziza
    Kelas : X.1
    Parafrase adalah bentuk pengungkapan kembali suatu kata, bahasa, kalimat atau pernyataan dengan menggunakan diksi yang lebih sederhana namun tidak dengan mengubah makna dari bahasa tersebut.

    BalasHapus
  20. Nama : MEISYA AYU NINGSI
    Kelas : X.1
    Puisi adalah karya sastra yang menggunakan bahasa tulis dan juga karya seni yang terikat bait,Irama, Rima dan merupakan ungkapan jiwa seseorang yang di tuangkan kedalam tulisan - tulisan pendek

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Nama:A.ita purnama Sari
    Kelas:X 6

    Sebutkan 3 Cara memparafrasekan puisi!
    Jawaban:
    1.Menambahkan kata atau kalimat kedalam puisi(diawal, ditengah,dan diakhir).
    2.Tidak menggubah atau mengurangi puisi yang sebenarnya.
    3.Menambahkan kata yang berhubungan dengan kalimat puisi.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Nama: Mughny Al Jenar
    Kelas : x.6
    1. Kata per kata
    2. Kalimat per kalimat
    3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  25. Sebutkan 3 cara memparafrasekan puisi

    BalasHapus
  26. Nama:ABUL HAERI
    KELAS:X(4)
    1.bacalah puisi tersebut berulang ulang dan pahami maksudnya
    2.menambahkan kata atau kalimat pada puisi tanpa harus mengurangi atau menghilangkan kata yang asli dan puisi yang ada
    3.mengubah bait bait puisi menjadi paragraf

    BalasHapus
  27. Nama: Anugrah H.R
    Kelas : X.4
    Cara cara memparafrasekan puisi yaitu:
    1. Kata perkata
    2. Kalimat perkalimat
    3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkannya dengan judul

    BalasHapus
  28. Nama:A.R.Hidayat Hasanuddin
    Kelas : X.4
    Cara cara memparafrasekan puisi yaitu:
    1. Kata perkata
    2. Kalimat perkalimat
    3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkannya dengan judul

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Nama:Ardiansyah
    Kelas: X4
    Puisi merupakan karya sastra yang menggunakan bahasa tulis yang terikat oleh kepadatan bahasa dan memiliki makna yang juga disertai diksi yang konotatif. Puisi merupakan karya seni yang berupa tulisan singkat dengan terikat oleh bait dan irama serta rima.puisi menrupakan ungkapan jiwa seseorang yang dituangkan dalah tulisan-tulisan yang pendek.
    Cara cara memparafrasekan puisi yaitu:
    1. Kata perkata
    2. Kalimat perkalimat
    3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkannya dengan judul

    BalasHapus
  31. Nama: A nurul inayah
    Kelas: X.4

    Cara memparafrasekan puisi:
    1.Kata perkata
    2.Kalimat perkalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkannya dengan judul puisi

    BalasHapus
  32. Nurhaeda X4
    Tuliskan 3 cara memparafrasekan puisi!
    Jawaban:
    1.kata perkata
    2.kalimat perkalimat
    3.Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  33. Nama: Reza Julia Fani
    Kelas: X.4
    Cara memparafrasekan puisi:
    1.Kata perkata
    2.Kalimat perkalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkannya dengan judul puisi

    BalasHapus
  34. Nama: A. Batari Todja
    Kelas: X.4
    Cara memparafrasekan puisi:
    1.Kata perkata.
    2.Kalimat perkalimat.
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkannya dengan judul puisi.

    BalasHapus
  35. Nama:Najwa nazihab
    Kelas:X.4
    Cara memparafrasekan puisi:
    1.Kata perkata
    2.Kalimat perkalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkannya dengan judul puisi.

    BalasHapus
  36. Nama: A.Waisah Arjun
    Kelas : X.4

    Cara memparafrasekan puisi yaitu:
    1. Kata perkata
    2. Kalimat perkalimat
    3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkannya dengan judul

    BalasHapus
  37. Nama: Wulan Suci Ramadani
    Kelas: X.4

    Berikut adalah cara memparafrasekan sebuah puisi
    1. kata perkata
    2. kalimat perkalimat
    3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Nama:NUR AYNUN AWALUDDIN
    KELAS:X4

    JAWABAN
    1.kata perkata
    2.kalimat per kalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  40. Nama:Aqlil Haersya
    Kelas : X.4
    Cara cara memparafrasekan puisi yaitu:
    1. Kata perkata
    2. Kalimat perkalimat
    3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkannya d

    BalasHapus
  41. Nama: Feri Irawan
    Kelas: X4

    Cara untuk memparafrasekan puisi adalah dengan cara menambahkan diksi atau kata yang pas atau cocok dalam katata/kalimat pada pusi. Penambahan kata yang dilamsudkan adalah penambahan kata yang cocok dengan kata yang ada pada puisi. Penempatan parafrase ini dapat dilakukan pada awal,tengah atau akhir kaalimat sebuah pusi / baris perbarisnya. Setelah melakukan parafrase diksi pada pusi, maka akan lebih memudahkan untuk mengetahui makana kata tiap kalimat pada puisi dan hal tersebut sudah tentu akan memudahkan menemukan kasud atau makna puisi tersebut.

    BalasHapus
  42. Nama:Ummul masyi'a
    Kelas:X.4

    Cara memparafrasekan puisi:
    1.Kata perkata
    2.Kalimat perkalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkannya dengan judul puisi.

    BalasHapus
  43. Nama: agustina natsir
    Kelas: x.4

    Tuliskan 3 cara parafrase puisi
    Jawaban:
    1.bacalah puisi tersebut berulang ulang dan pahami maksudnya
    2.menambahkan kata atau kalimat pada puisi tanpa harus mengurangi atau menghilangkankan kata tabg yang asli dan puisi yang ada
    3.mengubah bait bait puisi menjadi paragraf

    BalasHapus
  44. Tuliskan 3 cara memparafrasekan puisi!
    Jawaban:
    1..Kata permata
    2.Kalimat perkalimat
    3.Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  45. Nama: Ahmad Fausang
    Kelas:X.4

    Salah satu langkah yang mudah dalam menginterpretasikan makna sebuah puisi adalah dengan cara parafrase diksi puisi

    Langkah-langkah parafrase
    1.kata per kata
    2.kalimat per kalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan judul puisi

    BalasHapus
  46. Nama:GIFTA SUCI RAMADHAN
    KELAS: X. 4

    CARA MEMPARAFRASEKAN PUISI:
    1.Kata perkataan
    2.Kalimat perkalimat
    3.Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  47. ASTRID REVINA FANI13 Oktober 2022 pukul 16.45

    Nama: ASTRID REVINA FANI
    Kelas: X4

    1.menambah diksi atau kata yang pas atau cocok dalam kata/kalimat pada puisi
    2.kata perkata
    3.kalimat perkalimat

    BalasHapus
  48. Gifta suci ramadani13 Oktober 2022 pukul 16.48

    Nama: GIFTA SUCI RAMADANI
    Kelas:X.4

    CARA MEMPARAFRASEKAN PUISI:
    1.Kata perkata
    2.Kalimat perkalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkannya dengan judul puisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA: Ihsan Arraihan
      1.kata per kata
      2.kalimat per kalimat
      3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

      Hapus
  49. Nama:A.MULKHATIFAH ANNUR ANI

    Cara menginterpretasikan puisi:
    1. Kata per kata
    2. Kalimat per kalimat
    3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  50. 1.kata per kata
    2.kalimat perkalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan
    Menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  51. Cica Nurcahyani Putri

    1. Kata perkata
    2. Kalimat per kalimat
    3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. 1.kata per kata
    2.Kalimat per kalimat
    3.Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  54. Nama: Nurhaliza
    Adapun langkah-langkah mudah dalam meng interpretasikan makna puisi adalah sebagai berikut:
    1. Kata Per kata
    2. Kalimat per kalimat
    3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  55. Nama: khafifahmukhayyarah
    1.kata per kata
    2.kalimat per kalimat
    3.Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  56. Nama:seyla
    - kata perkata
    - kaliamat perkalimat
    - membaca kesuluar puisi dan meng hubungkan degan judul puisi

    BalasHapus
  57. Nama : Mentari Cahaya Alam

    Jawaban :
    -kata per kata
    - kalimat per kalimat
    - membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  58. Adapun langkah langkah mudah untuk mengetahui makna puisi
    Yaitu adalah
    1.kata perkata
    2.kalimat perkalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  59. NAMA: A.MULKHATIFAH ANNUR ANI

    Cara menginterpretasikan puisi
    1. Kata per kata
    2. Kalimat per kalimat
    3. Membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  60. Nama:khaerunnisa
    1.kata per kata
    2.kalimat per kalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puosi

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Nama:Annisa

    1.kata per kata
    2.kalimat per kalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  63. Nama=Haikal Kelas=x4 1 kata pekata
    2 Kalimat perkalimat
    3 Menbaca keseluruhan puisi dan menghubungka degan juful puisi

    BalasHapus
  64. Mutiara Nurul Fatimah

    1.kata per kata
    2.kalimat per kalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  65. Nama:Esti Irjayanti
    X.8

    Jawaban :
    -kata per kata
    - kalimat per kalimat
    - membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  66. Nurul Azizah
    Kelas:X.8Jawaban :
    -kata per kata
    - kalimat per kalimat
    - membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  67. Nama :rahmi

    1.kata per kata
    2.kalimat per kalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  69. Fika Firdaus Najia

    1.kata per kata
    2.kalimat per kalimat
    3.membaca keseluruhan puisi dan menghubungkan dengan judul puisi

    BalasHapus