Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI DASAR KARYA SASTRA

GAMBAR MATERI DASAR KARYA SASTRA

KARYA SASTRA adalah karya seni yang berbentuk tulisan yang indah dan estetis. Keestetisan karya sastra menyangkut hal tentang pengalaman rasa dan perasaan yang dirasakan ketika bergelut dengan dunia seni sastra. Perasaan tenag,senang,bahagia,sedih,gembira dan lain-lain merupakan bagian dari estetis karya seni sastra.

Jenis-Jenis Karya Sastra

1.    Karya Sastra Puisi

Adalah Karya sastra yang berbentuk tulisan dengan bentuk baid dan penggunaan bahasa yang sedikit dengan ketentuan tertentu,yakni menggunakan bentuk baid sebagai penyampaiannya. Karya Sastra Puisi terdiri atas dua yakni, karya sastra puisi lama dan karya sastra puisi baru.

2.    Karya Sastra Prosa

Adalah karya sastra yang berupa tulisan yang naratif atau bercerita.karya sastra prosa menyampaikan hal atau kejadian peristiwa secara panjang dan detail dibandingkan karya sastra puisi. Karya Sastra Prosa terdiri atas dua yakni, karya sastra cerpen dan karya sastra novel.

3.    Karya Sastra Drama

Adalah Karya sastra yang berbentuk dilaog yang diperankan dengan bahasa sebagai media verbalnya, yang eksperisan dengan gerak,mimik dan eksperesif. Karya Sastra drama terdiri atas dua yakni, karya sastra teater dan pertunjukan media seperti film dan televisi.

 

Posting Komentar untuk "MATERI DASAR KARYA SASTRA"