Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH TEKS NEGOSIASI

CONTOH TEKS NEGOSIASI MENANG-KALAH

PENAWARAN PRODUK

Alice: Halo Bob, saya sangat tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Namun, saya merasa harga yang Anda ajukan masih terlalu tinggi untuk anggaran kami.

Bob: Halo Alice, senang mendengarnya. Kami yakin produk kami memiliki nilai yang tinggi dan kualitas yang unggul. Kami telah menetapkan harga ini berdasarkan nilai tersebut.

Alice: Saya memahami nilai produk Anda, Bob, tetapi kita harus mempertimbangkan anggaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan kami. Apakah ada kemungkinan penurunan harga atau pemberian diskon khusus untuk jumlah pembelian yang lebih besar?

Bob: Saya mengerti Anda memiliki anggaran yang terbatas, tetapi kami tidak bisa menurunkan harga kami begitu saja. Namun, jika Anda bersedia melakukan pembelian dalam jumlah besar, kami dapat memberikan diskon sebesar 5%.

Alice: Saya menghargai diskon tersebut, Bob, tetapi saya yakin kita bisa mencapai kesepakatan yang lebih baik. Bagaimana jika kita diskusikan persyaratan pembayaran yang lebih fleksibel? Apakah ada opsi cicilan atau pembayaran dalam beberapa tahap?

Bob: Saya khawatir itu tidak mungkin, Alice. Kebijakan pembayaran kami adalah 50% di muka dan sisanya pada saat pengiriman. Kami telah menyesuaikan sebanyak mungkin.

Alice: Baik, saya paham. Bagaimana jika kami melakukan pembayaran segera setelah penerimaan barang, tetapi dengan syarat diskon yang lebih besar, misalnya 8%?

Bob: Itu mungkin sulit, Alice. Kami memiliki kebijakan yang ketat terkait pembayaran. Diskon sebesar 8% mungkin terlalu besar dampaknya pada margin keuntungan kami.

Alice: Mengerti, Bob. Bisakah Anda memberikan penawaran terbaik terakhir? Kami memang sangat tertarik dengan produk Anda, tetapi kami perlu memastikan bahwa harga dapat sesuai dengan anggaran kami.

Bob: Baiklah, saya bisa memberikan diskon tambahan sebesar 3%. Ini sudah batas terendah yang dapat kami berikan.

Alice: Terima kasih, Bob. Saya akan membahasnya dengan tim kami dan memberi tahu Anda secepatnya.

Dalam pendekatan menang-kalah, salah satu pihak mungkin merasa tidak sepenuhnya puas, dan ini dapat menciptakan ketegangan dalam hubungan bisnis. Oleh karena itu, selalu dianjurkan untuk mencari kesepakatan yang dapat memenuhi kebutuhan kedua belah pihak sebanyak mungkin.


CONTOH TEKS NEGOSIASI MENANG-MENANG

PENAWARAN PRODUK

Alice: Halo Bob, senang bisa berbicara denganmu. Kami sangat tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Namun, kami memiliki beberapa pertimbangan anggaran yang harus kami perhatikan.

Bob: Halo Alice, saya senang mendengarnya. Kami juga sangat antusias untuk bekerja sama dengan Anda. Apa yang bisa saya bantu untuk memastikan kesepakatan ini berjalan dengan baik?

Alice: Kami menghargai kualitas produk Anda, tetapi kami perlu memastikan bahwa harganya sesuai dengan anggaran kami. Apakah ada ruang untuk negosiasi harga?

Bob: Saya sepenuhnya memahami kebutuhan anggaran Anda, Alice. Kami bersedia untuk menjajaki opsi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Bagaimana jika saya menawarkan diskon sebesar 7% untuk pesanan dalam jumlah besar?

Alice: Terima kasih, Bob. Diskon tersebut sudah membantu, tetapi kami juga memiliki kebutuhan pengiriman yang ketat. Bisakah Anda memberikan perkiraan waktu pengiriman yang lebih cepat atau mengurangi biaya pengiriman?

Bob: Kami bisa berdiskusi tentang itu. Meskipun waktu pengiriman sudah diatur dengan optimal, kami bersedia memberikan diskon tambahan 3% untuk biaya pengiriman.

Alice: Itu akan membantu. Kami juga ingin membicarakan opsi pembayaran. Kami lebih suka jangka waktu pembayaran yang lebih panjang untuk memastikan kelancaran kas kami. Apakah itu mungkin?

Bob: Kami biasanya memiliki kebijakan pembayaran 30 hari, tetapi untuk memenuhi kebutuhan Anda, kami bersedia untuk memberikan jangka waktu pembayaran 45 hari dengan syarat bahwa pembayaran dilakukan secara tepat waktu.

Alice: Terima kasih banyak, Bob. Itu adalah langkah yang positif. Kami juga sedang menjajaki kemungkinan kerja sama jangka panjang. Apakah ada kemungkinan mendiskusikan kontrak jangka panjang dengan kondisi yang lebih menguntungkan?

Bob: Kami senang mendengar minat Anda untuk kerja sama jangka panjang. Kami bersedia untuk mengeksplorasi opsi kontrak jangka panjang dengan penyesuaian lebih lanjut pada harga dan persyaratan.

Alice: Saya rasa kita membuat kemajuan yang baik, Bob. Bagaimana jika kita menyusun kesepakatan ini dalam sebuah perjanjian yang mencakup semua elemen yang telah kita diskusikan?

Bob: Saya setuju. Mari kita minta tim hukum kami untuk menyusun perjanjian yang mencerminkan kesepakatan ini secara rinci. Saya yakin kita bisa mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Alice: Saya setuju, Bob. Terima kasih atas kerja sama Anda. Saya berharap ini menjadi awal yang baik untuk hubungan bisnis yang sukses.

Dalam pendekatan menang-menang, kedua pihak berusaha mencapai kesepakatan yang memenuhi kebutuhan dan harapan masing-masing, menciptakan dasar untuk hubungan bisnis yang positif dan berkelanjutan.


15 komentar untuk "CONTOH TEKS NEGOSIASI"

  1. Menurut saya contoh Teks negosiasi menang kalah merupakan teks yang terdapat 2 belah pihak yang saling bernegosiasi karena ketidakpuasan atas harga yang telah di tentukan.

    BalasHapus
  2. Menurut saya, negosiasi adalah percakapan antara dua pihak atau lebih yang berusaha untuk mencapai kesepakatan melalui tawar menawar. Yang di dalamnya menang-menang krna berusaha sudah mencapai kesepakatan yg sdh di sepakati.

    BalasHapus
  3. Menurut saya, maksud dari pendekatan menang kalah adalah yang dimana salah satu pihak mungkin merasa tidak sepenuhnya puas,dan ini dapat menciptakan ketegangan dalam hubungan bisnis.

    BalasHapus
  4. Contoh teks negosiasi menang kalah
    Menurut saya didalam contoh teks negosiasi menang-kalah mengenai penawaran produk. dalam teks tersebut mungkin salah satu pihak merasa tidak sepenuhnya puah, maka dari itu mereka mencari kesepakatan yang dapat memenuhi kebutuhan kedua belah pihak tersebut.

    BalasHapus
  5. Nama: Aprianto
    Menurut saya, teks negosiasi tersebut menjelaskan tentang pentingnya memenuhi kepuasan antara kedua belah pihak agar tidak terjadi ketenangan, oleh karena itu selalu dianjurkan untuk mencapai kesepakatan yang dapat memenuhi kebutuhan kedua belah pihak sebanyak mungkin.

    BalasHapus
  6. nama:Nur azizah
    Menurut saya
    Di dalam negosiasi menang kalah salah satu pihak mungkin marasa tidak sepenuhnya puas,dan ini dapat menciptakan ketegangan dalam hubungan bisnis

    BalasHapus
  7. Nama: yulanda
    Kls:x4
    Jawab:Menurut saya contoh Teks negosiasi menang kalah merupakan teks yang terdapat 2 belah pihak yang saling bernegosiasi karena ketidakpuasan atas harga yang telah di tentukan.

    BalasHapus
  8. nama:Putri Diayu
    menurut saya teks negosiasi menang kalah adalah jenis negosiasi dimana salh satu pihak berusaha untuk menang sementara pihak lainnya kalah

    BalasHapus
  9. Nama:nurfadilla
    Kls:X4
    Jawab:menurut saya teks negosiasi menang kalah adalah jenis negosiasi dimana salh satu pihak berusaha untuk menang sementara pihak lainnya kalah

    BalasHapus
  10. Nama:suci aulia
    Kelas:X.4
    Menurut saya isi dari teks penawaran yaitu dapat menjadi kunci dalam mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Penting untuk menyajikan penawaran dengan jelas dan terperinci,menyoroti manfaat produk serta dengan keunggulannya dibandingkan dengan produk serupa.

    BalasHapus

  11. Nama:Aril
    Kelas:X.7
    menurut saya dalam teks negosiasi menang kalah adalah merupakan teks yang terdapat 2 belah pihak yang merasa saling bernegosiasi. Salah satu pihak tidak merasa puas sehingga mengakibatkan ketegangan dalam bisnis, oleh karena itu sebaiknya mencari kesepakatan yang dapat menguntungkan kebutuhan 2 belah pihak.

    BalasHapus
  12. Nama :Faisal
    Kls :X.7
    Menurut saya isi dari teks penawaran yaitu dapat menjadi kunci dalam mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Penting untuk menyajikan penawaran dengan jelas dan terperinci,menyoroti manfaat produk serta dengan keunggulannya dibandingkan dengan produk serupa.

    BalasHapus
  13. Menurut saya inti dari pembahasan tersebut adalah Dalam pendekatan menang kalah satu pihak mungkin merasa tidak sepenuhnya puas dan ini dapat menciptakan ketegangan dalam hubungan bisnis maka kita dianjurkan mencari kesepakatan yang dapat memenuhi kebutuhan kedua belah pihak tersebut agar menguntungkan kedua pihak tersebut agar mencapai kesepakatan yang memenuhi kebutuhan dan harapan masing-masing agar menciptakan dasar hubungan bisnis yang positif

    BalasHapus
  14. Menurut saya dalam ne negosiasi menang-kalah, dalam persaingan tampaknya salah satu pihak harus berhasil dan pihak lainnya harus gagal.Faktanya,pada sebagaian besar contoh negosiasi menang-kalah, negosiasi menang-kalah dapat dilakukan,namun para pihak mengabaikan peluang untuk menciptakan nilai.Akibatnya , mereka mencapai hasil di bawah standar.dua contoh negosiasi menang-kalah berikut ini menunjukkan mengapa para negosiasitor sering kali memilih persaingan di bandingkan kerja sama, sehingga merugikan mereka , dan bagaimana anda dapat menerapkan strategi negosiasi yang lebih efektif

    BalasHapus
  15. Menurut saya teks negosiasi menang-kalah salah satu pihak mungkin merasa tidak sepenuhnya puas , dan ini dapat menciptakan ketegangan dalam hubungan bisnis. Oleh karena itu, selalu dianjurkan untuk mencari kesepakatan yang dapat memenuhi kebutuhan dari kedua belah pihak

    BalasHapus