Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI TEKS OBSERVASI

 TEKS OBSERVASI

A. Pengertian Teks Observasi

Menurut KBBI, teks observasi merupakan sebuah catatan yang memiliki bentuk penyampaian penulis secara faktual dan asli. Dengan demikian, apabila diartikan secara harfiah, maka definisinya adalah catatan atau tulisan yang disampaikan, diadukan, dan dilaporkan dari hasil pengamatan yang telah ditinjau secara cermat.

Berdasarkan penyampaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa teks observasi merupakan sebuah catatan yang ditulis berdasarkan hasil aktifitas pengamatan. Teks observasi biasanya dipakai untuk mendapatkan hasil pengamatan yang faktual tentang manusia, hewan, tumbuhan, benda, sosial, budaya atau suatu lingkungan tertentu. Teks observasi juga pada dasarnya mengenai berbagai fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan teks observasi adalah untuk mendapatkan data dan fakta atau penjelasan tentang suatu peristiwa atau masalah sesuai persfektif  bidang ilmu tertentu. Selain dari itu, Teks observasi juga bertujuan membahas beberapa hasil pengamtan kepada pembaca dengan pemahaman  yang kuat, sistematis, cermat, dan tentunya sesuai fakta yang ada.

Dibawah ini adalah beberapa tujuan dari teks observasi, yakni:

1. Informasi Klasifikasi

Teks observasi berisi berbagai informasi penting dari hasil penelitian yang diklasifikasikan berdasarkan kriteria tertentu. Aktifitas observasi juga bersifat sistematis dan objektif, sehingga dapat menemukan keputusan pandangan atau hipotesis atas masalah.

2. Fakta

Teks observasi memiliki tujuan menyajikan informasi sesuai dengan  kriteria dan kenyataan  yang ada.

3. Kesimpulan

Sesudah memutuskan objek penelitian dari hasil pengamatan, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan yang memiliki manfaat untuk pembelajaran dan pengetahuan. Kesimpulan dalam teks observasi adalah merupakan penutup dari laporan.

Ciri-Ciri Teks Observasi

Setelah mengetahui secara jelas akan pengertian teks observasi dan tujuan teks observasi, maka kita juga harus mengetahui secara pasti ciri-ciri yang paling mendasar dari teks observasi itu sendri, sebagai berikut:

1.Sistematis

Ciri pertama teks observasi yaitu sistematis. Maksudnya adalah penyususnan hasil observasi atau hasil dari penelitian yang telah dilakukan haruslah berurutan,terstruktur dan sesuai dengan jenjangnya.

2. Sesuai Disiplin Ilmu

Maksudnya adalah pembahasan hasil observasi haruslah sesuai dengan sudut pandang keilmuan tertentu yang faktual dan terpercaya.

3. Objektif

Objektif yang dimaksudkan disini adalah adalah hanya membahas tentang suatu objek atau situasi tertentu saja secara umum atau dengan kata lain hanya fokus membahas atau mengkaji satu permasalahan saja.

4. Terstruktur

Terstruktur maksudnya adalah perincian pada bagian penelitian dari suatu objek yang diteliti haruslah tersusun sesuai urutannya,baik klasifikasi maupun informasinya.

5. Menggunakan  bahasa baku

Penggunaan bahsa daam teks observasi sudah tentu harus menggunakan bahasa baku, yakni bahasa indonesia yang baik dan benar. Sebab teks observasi merupakan catatan ilmiah, sehingga penulis diharuskan menggunakan bahasa yang baku sehingga memudahkan pembaca untuk lebih mudah mengerti.

Struktur Teks Observasi

  • 1. Judul
  • 2. Pernyataan Umum
  • 3. Deskripsi Bagian
  • 4. Deskripsi Manfaat



Posting Komentar untuk "MATERI TEKS OBSERVASI"